PLN Jatim Target 1000 KeyPoint Terpasang

Global News/Nugi

Global News/Nugi

SURABAYA-PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur targetkan menggunakan teknologi yang diberi nama KeyPoint sebagai upaya otomatisasi sistem kelistrikan di seluruh Jawa Timur.

Sejak dimulai pada 31 Oktober 2016, penggunaan teknologi KeyPoint telah terpasang 710 unit dan ditargetkan sampai akhir tahun 2016 terpasang 1000 unit. “Jika sebelumnya petugas listrik dengan cara manual dalam mengaktifkan Load Break Switch (LBS), sekarang sudah otomatisasi dengan KeyPoint. Tentunya teknologi KeyPoint akan lebih meningkatkan layanan PLN kepada seluruh pelanggan,” ujar Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jatim, Pinto Raharjo.

Menurut Pinto, teknologi KeyPoint sendiri merupakan teknologi berbasis modem yang memungkinkan mengatur proses pengaktifan/pemutusan aliran listrik dari Gardu Induk (GI) melewati penyulang dengan 5 hingga 7 tahapan pengaktifan secara terpusat dan terkontrol di Area Pengatur Distribusi (APD).

Untuk mensupport layanannya, PLN memiliki yang namanya SCADA, pendukung suatu sistem pengolahan data terintegrasi yang berfungsi untuk mendapatkan, mensupervisi dan mengendalikan data secara real time.

“SCADA berfungsi mulai dari pengambilan data pada peralatan pembangkit atau Gardu Induk, pengolahan informasi yang diterima, sampai reaksi yang ditimbulkan dari hasil pengolahan informasi,” Tukas Pinto Raharjo. (nug)