Pertamax Turbo Resmi Dipasarkan di Jawa Timur

GN/Nur Lailatus Solichah Peluncuran Pertamax Turbo Dirut Pemasaran PT Pertamina (persero) Ahmad Bambang (kedua kiri) didampingi GM Pertamina MOR V Ageng Giriyono (kiri) serta VP Retail Fuel Marketing Pertamina Afandi (ketiga kiri) melakukan pengisian bahan bakar Pertamax Turbo saat diluncurkan di Surabaya, Jumat (30/9/2016).

GN/Nur Lailatus Solichah
Peluncuran Pertamax Turbo Dirut Pemasaran PT Pertamina (persero) Ahmad Bambang (kedua kiri) didampingi GM Pertamina MOR V Ageng Giriyono (kiri) serta VP Retail Fuel Marketing Pertamina Afandi (ketiga kiri) melakukan pengisian bahan bakar Pertamax Turbo saat diluncurkan di Surabaya, Jumat (30/9/2016).

SURABAYA (Global News)-Ini kabar terbaru bagi penggemar dunia otomotif khususnya di Surabaya dan sejumlah kota di Jawa Timur. Pertamax Turbo, produk BBM dengan nilai research octane number (RON) 98, mulai dilepas di 14 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Jawa Timur yang meliputi Surabaya, Sidoarjo dan Malang.

Ditemui dalam pameran otomotif di Surabaya, Jumat (30/9/2016), Direktur Pemasaran PT Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan, BBM ini sangat cocok digunakan untuk kendaraan berteknologi tinggi dengan turbo injection, atau kendaraan bermesin skyactiv atau kendaraan dengan kompresi rasio mulai  12:1.

“Ada beberapa kelebihan Pertamax Turbo, antara lain meningkatkan kelincahan kendaraan dalam bermanuver, dan membuat akselerasi mesin lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi,” kata Ahmad Bambang.

Baru akhir September ini dilepas di wilayah Jawa Timur, peredaran Pertamax Turbo sebenarnya sudah mulai beredar di Indonesia sejak 11 Agustus 2016. Peluncurannya pun dilakukan di Belgia pada 29 Juli 2016. Ahmad Bambang mengatakan, produk ini untuk menjawab perkembangan teknologi mesin kendaraan yang kini semakin canggih.

“Teknologi mesin kendaraan yang ada saat ini memerlukan tekanan kompresi mesin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi pula,” katanya.
Bambang mengatakan, produk yang diluncurkan Pertamina dan bekerjasama dengan perusahaan otomotif Lamborghini ini juga meningkatkan kecepatan maksimal kendaraan, tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin. “Produk ini juga sudah diuji coba di Eropa, dan kini Pertamax Turbo juga sudah bisa dihasilkan di Kilang Pertamina untuk kebutuhan pasar Indonesia,” katanya.

Sementara itu, General Manager Marketing Operation Region V Pertamina Jatim, Ageng Giriyono berencana memperluas pemasaran Pertamax Turbo di beberapa kota besar lain di wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara. “Untuk pertama, Pertamax Turbo masih bisa dijumpai di 14 SPBU di Jawa Timur yaitu  4 SPBU di Surabaya, 1 SPBU di Sidoarjo dan 9 SPBU di Malang,” katanya.

Jumlah itu, kata Ageng akan terus bertambah ke depannya seiring upaya Pertamina memperluas jangkauan masyarakat terhadap produk ini. “Kami menargetkan pada akhir tahun 2016 sudah ada 105 SPBU yang menjual Pertamax Turbo di wilayah Jatim, Bali, Nusa Tenggara,” katanya. (ant/nur/faz)