Pemkab Meriahkan Tahun Baru Islam dengan Festival Muharram

GN/Masdawi Dahlan Bupati Achmad Syafii menyerahkan hadiah pada pemenang MTQ tingkat kecamatan.

GN/Masdawi Dahlan
Bupati Achmad Syafii menyerahkan hadiah pada pemenang MTQ tingkat kecamatan.

PAMEKASAN (Global News)-Dalam memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriyah, Pemkab Pamekasan menggelar “Festival Muharram”.

Kegiatan itu juga digelar dalam menyambut Hari Jadi Pamekasan ke-486 yang diperingati setiap 3 Oktober 2016. Kegiatan berlangsung 1-15 Oktober 2016.

Kegiatan perdana yang dilakukan berupa pengajian dan sholawatan sudah digelar Minggu (2/10/2016) malam di Pendopo Ronggosukowati.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian bantuan bagi 150 anggota pasukan kuning dan pada 150 anak yatim. Bantuan diserahkan oleh Bupati Pamekasan Achmad Syafii dan Wakil Bupati (Wabup) Khalil Asyari.

Selain itu, Bupati Syafii dan Wabup Khalil Asyari juga menyerahkan hadiah bagi para pemenang musabaqah tilawatil quran (MTQ) tingkat kabupaten yang sudah digelar sejak beberapa hari yang lalu. Para pemenang ini akan dibina lagi guna mempersiapkan untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur.

Sebagai penceramah dalam pengajian adalah Dr Moh Zahid, dosen STAIN Pamekasan yang juga Ketua Lembaga Pengembangan dan Penerapan Syariat Islam (LP2SI) Pamekasan.

Dalam ceramahnya, Moh Zahid mengupas tentang makna hijrah dan masalah pembinaan anak dalam rumah tangga maupun dalam lingkungan secara umum.

Kegiatan lain yang dijadwalkan dalam meramaikan Festival Muharram ini juga antara lain Festival Tajin Sorah. Kegiatan ini berupa lomba membuat Tajin Sorah yang dilakukan oleh ibu ibu Dharma Wanita dan karyawan wanita dari SKPD di lingkungan Pemkab. Tajin Sorah adalah bubur beras khas yang dibuat oleh masyarakat Pamekasan sebagai makanan khas untuk peringatan tahun baru Islam.

Wakil Bupati Khalil Asyari juga menyerahkan penghargaan.

Wakil Bupati Khalil Asyari juga menyerahkan penghargaan.

Lalu lomba berikutnya adalah lomba nasyid Islami yang digelar untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs. Lomba ini akan digelar di Masjid Agung Asy Syuhadak Pamekasan 10-11 Oktober 2016. Kegiatan ini dikoordinir Kantor Kementrian Agama Pamekasan karena itu pendaftarannya dilakukan di kantor instansi tersebut.

Lomba berikutnya berupa Festival Hadrah yang digelar untuk umum. Kegiatan ini dilakukan pada 12-13 Oktober 2016, juga di Masjid Agung Asy Syuhadak. Bagi yang berminat mengikuti kegiatan ini pendaftaran dilakukan di Museum Mandilaras yang terletak di kawasan Monumen Arek Lancor Pamekasan.

Sedangkan lomba yang terakhir berupa lomba Pildacil yang digelar untuk tingkat RA, SD dan MI. Lomba ini akan dilaksanakan 14-15 Oktober 2016 juga akan digelar  di Masjid Agung Asy Syuhadak, dan kordinator penyelenggara kegiatan ini adalah Kantor Kemenag Pamekasan.  Dan bagi orangtua yang berminat mendaftarkan anaknya mengikuti lomba ini pendaftarannya di Kantor Kemenag Pamekasan. (mas/*)