Over Dosis Air Minum Dapat Ganggu Fungsi Otak

GN/ISTIMEWA Minum air secukupnya tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan.

GN/ISTIMEWA
Minum air secukupnya tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan.

Sudah berapa gelas air putih yang Anda minum hari ini? Aturan minum delapan gelas air putih setiap hari telah lama dianggap memiliki banyak manfaat selain untuk menghindari dehidrasi pada tubuh. Namun sebuah studi baru menemukan, banyak air yang masuk dalam tubuh membawa efek yang tidak baik.

Air disebut berperan penting dalam tubuh manusia,  yaitu sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut zat-zat  gizi  dan sebagai pembantu dalam proses pencernaan.  Meski sekilas hanya sebatas air putih yang tidak bakal menggemukkan, Anda agaknya juga harus  hati-hati,  ketentuan minum delapan gelas per hari itu ternyata tidak berlaku untuk semua orang. Semisal penderita gagal ginjal tak bisa minum air sesuka hati.

Sebuah studi bahkan menyebutkan, minum terlalu banyak air akan membahayakan tubuh. Para ilmuwan mengatakan, seseorang akan sulit menelan air jika sedang tidak membutuhkan minum. Pada kasus yang lebih ekstrem, air dikatakan dapat membunuh.

“Jika kita hanya melakukan apa yang tubuh kita minta, mungkin kita akan baik-baik saja,” ujar Michael Farrell, peneliti dari Monash University, Australia.

“Minumlah  sesuai dengan rasa haus yang Anda rasakan, daripada harus menyesuaikan dengan jadwal yang rumit,” tambahnya.

Menurut Farrell, pada penelitian tersebut ia dan tim menemukan adanya upaya penuh bagi seseorang untuk menelan air minum. “Seakan-akan harus mengatasi sebuah perlawanan,” katanya.

Farrell menyebut, refleks untuk menelan bisa terhambat apabila seseorang  sudah “mabuk” air.

Dalam penelitiannya, ia mengumpulkan beberapa relawan untuk meminum air dengan beberapa skenario, termasuk ketika orang tersebut sebenarnya telah cukup air. Hal itu dilakukan untuk melihat sejauh apa upaya yang dilakukan dalam menelan air.

Dari penelitian itu, Farrell dan timnya menyimpulkan, minum delapan gelas air memang tidak berdampak bahaya pada tubuh, hanya saja akan lebih mudah jika menuruti kemauan tubuh.

Dia lalu memberikan contoh kasus, tentang seorang atlet maraton yang meninggal karena air minum. Saat itu ia sangat tidak percaya diri dan mengikuti saran dari seseorang untuk minum air terus menerus. Akhirnya, atlet tersebut meninggal karena meminum air melebihi kebutuhannya.  Kasus tersebut memang terbilang langka, namun bukan berarti tak dapat terjadi. Jika Anda minum terlalu banyak air, maka ada kemungkinan mengalami gangguan pada fungsi otak.

Menurut National Health Service (NHS) di Inggris, tubuh manusia memang membutuhkan air atau cairan lain untuk bekerja dengan baik dan untuk menghindari dehidrasi. “Itu lah pentingnya minum cukup cairan.”

Namun, hal tersebut tentu tetap harus disesuaikan. NHS mengatakan,  pada iklim tertentu, seperti di Inggris, masyarakat disarankan untuk minum enam sampai delapan gelas per hari. Tapi dalam iklim panas, mereka harus minum lebih dari jumlah tersebut.ret

 

Pentingnya Minum Air Setiap Hari

Minum air bersih dan sehat  (kita biasa menyebutnya air putih) setiap hari itu penting banget. Di balik kesederhanaannya, air minum ini tak hanya berguna mencegah dehidrasi, tapi juga punya manfaat lain.

Ada berbagai macam air minum. Ada minuman ringan, ada minuman berenergi, atau air dari perasan buah. Sedang air minum bening (kita biasa menyebutnya air putih) bebas kalori dan gula.

Manfaat lain, seperti dilansir dari freedrinkingwater.com dan watertechonline.com:

  1. Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  2. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  3. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  4. Menjaga kesegaran kulit.
  5. Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  6. Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Manfaat air lainnya adalah untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang menyerang tubuh. Penyakit ini antara lain adalah stroke dan kanker.

Ada banyak penyakit lain yang dapat dicegah dengan minum air bersih dan sehat minimal 2 liter per hari. Selain itu manfaat terpenting air ini adalah menurunkan kadar racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni.

Semakin banyak kita minum air maka akan semakin banyak racun yang akan dibuang dari dalam tubuh kita. Ada banyak manfaat minum air yang baik untuk tubuh dan kesehatan manusia, jadi ada baiknya kamu minum air yang cukup setiap hari.

 

 

Tips agar dapat minum air yang banyak:

  1. Berolahraga, pasti akan membuat Anda butuh minum yang lebih banyak.
  2. Bawa botol berisi air minum ke mana pun Anda pergi.
  3. Konsumsi buah-buahan kaya air seperti semangka, jeruk, dan sebagainya.