Global-News.co.id
Kesehatan Utama

Kenali Tanda Tubuh Dehidrasi

Global News/Ilustrasi Anda harus tahu gejala dehidrasi.
Global News/Ilustrasi
Anda harus tahu gejala dehidrasi.

Salah satu cara untuk menghindari dehidrasi adalah dengan minum.  Persoalannya, banyak orang yang tak menyadari saat tubuhnya mengalami dehidrasi. Apalagi dalam kondisi sehat, sering kali orang tak sadar kalau tubuhnya  mulai kekurangan cairan. Begitu pun saat berolahraga, masih banyak orang yang meremehkan pentingnya asupan cairan, untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Jika tak segera diatasi, dehidrasi dapat membahayakan tubuh, bahkan menyebabkan kematian. Umumnya ini terjadi, karena mereka tak mengenali gejala dehidrasi. Greg Justice, pakar fisiologi dari AYC Fitness, Kansas City dan penulis Mind Your Own Fitness, menjelaskan, ada  tiga tanda utama tubuh dehidrasi dan membutuhkan cairan.

1. Sakit kepala.  Ketika tubuh terus-menerus kehilangan cairan, itu berarti tubuh juga kehilangan garam yang penting bagi tubuh seperti sodium dan potasium. Karena kedua zat tersebut terkandung dalam cairan yang hilang. Yang perlu diketahui adalah, kehilangan garam benar-benar dapat mengubah susunan kimia dalam darah. Aliran darah dalam tubuh akan sampai ke otak dan perubahan kimia dalam

Seberapa sakit kepala Anda, tergantung dari cairan tubuh yang hilang. “Semakin banyak kehilangan cairan, semakin menurun volume darah, yang mana akan menyebabkan asupan oksigen ke otak berkurang. Ini emnyebabkan pembuluh darah di otak membesar dan menyebabkan kepala terasa semakin sakit,” ujar Justice. Intinya, kekurangan cairan berarti sakit kepala.

2. Urine berwarna kuning pekat. Ini berarti urin yang keluar dipenuhi dengan kotoran dan racun dari dalam tubuh. “Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, maka kotoran di dalam tubuh lebih mudah untuk keluar dengan cara yang lebih efisien,” kata Justice.

Namun, ketika tubuh kekurangan cairan, racun di dalam tubuh sulit untuk keluar. Salah satu fungsi cairan yang kita konsumsi adalah untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun.

3. Konstipasi. Jika setiap hari Anda rutin buang air besar, lalu tiba-tiba sembelit, ini adalah salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi.  Air yang cukup akan membantu mengeluarkan kotoran melalui usus besar dan mengeluarkannya dari tubuh Anda.  “Tapi jika tubuh tak memiliki air yang cukup, metabolisme tubuh akan terganggu dan kesulitan mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh,” jelas Justice.

Karena itu, ketika Anda mengalami konstipasi, segera minum banyak air untuk kembali melancarkannya.(eno)

baca juga :

Liga 1: Uji Coba, Persebaya Kalahkan Persik

Redaksi Global News

Kemenkominfo Sambut Positif Deklarasi Jaringan Media Siber di HPN 2020

gas

Liga 1: Persib Tak Risau Lini Depan Tumpul

Redaksi Global News