Kabupaten Blitar Tuan Rumah Pertinas V 2016

GN/SAPTO Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM menjelaskan perihal Petinas 2016 yang mana Blitar menjadi tuan rumah.

GN/SAPTO HARI PRABOWO
Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM menjelaskan perihal Pertinas 2016 yang mana Blitar menjadi tuan rumah.

BLITAR (Global News)-Perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada Tingkat Nasional (Pertinas) V bakal digelar di Kabupaten Blitar pada tanggal 17-22 Oktober 2016. Ini merupakan agenda event lima tahunan tingkat nasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang melibatkan Pramuka Saka Bhakti Husada.

Saat konferensi pers yang diselenggarakan di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Jumat (14/10/2016), Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM menjelaskan terpilihnya Kabupaten Blitar sebagai tuan rumah menjadi kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri. Dasar pemilihan tuan rumah yang tak mudah menjadi hal yang membanggakan, namun di sisi lain segala persiapan menjadi hal yang menantang. Meski demikian, pihaknya telah menyiapkan selengkap mungkin dengan dibantu oleh unsur-unsur lain.

Di acara yang juga dihadiri oleh Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An., KIC. KAP selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr. Kuspardani dan beberapa pejabat terkait di lingkup Kabupaten Blitar tersebut, Rijanto berharap bahwa efek dari kegiatan berskala nasional ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan menjadi budaya. Selain itu juga penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) bisa ditekan terkait dengan adanya GEMA PRAMANTIK (Gerakan Bersama Pramuka Pemantau Jentik).

Peserta Pertinas V adalah perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia dan duta dari beberapa negara sahabat. Mereka nantinya akan berkegiatan yang terkait dengan kesehatan. Bahkan akan ada interaksi dengan masyarakat dalam hal pemberantasan nyamuk terutama nyamuk penyebab DBD.(sap)