Coba Trail Run Lewati Gunung Kapur! Berani ?

GN/Ilustrasi Trail runner melewati medan bergunung sudah sering dadakan.

GN/Ilustrasi
Trail runner melewati medan bergunung sudah sering diadakan.

SURABAYA (Global News)-Bagi anda penggemar trail run (lomba lari yang melintasi medan khusus –red), lomba yang satu ini sepertinya patut dicoba: gunung batu kapur di Kabupaten Gresik.

Kalau anda salah satu penggemar trail run yang sudah sering melewati medan naik turun seperti di daerah Pandaan, Kab. Pasuruan atau Trawas, Kabupaten Mojokerto, mungkin trail run yang diselenggarakan PT Semen Indonesia perlu juga dijajal.

Trail run yang akan digelar Minggu 13 November 2016 ini akan membuat  para runner melintasi kawasan bekas pabrik dan gunung batu kapur di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“Keunikan dan daya tarik utama lomba lari trail ini adalah trek lomba yang melintasi area pabrik semen serta lahan bekas tambang tanah liat dan batu kapur yang dikelola dengan prinsip Industri Hijau (Green Industry),” kata Kepala Biro Komunikasi Semen Indonesia, Sigit Wahono tentang trail run perdana bertajuk “Semen Indonesia Green Industry Trail Run 2016” di Surabaya, Jumat (30/9/2016).

Sigit mengatakan, penyelenggaraan trail run dengan rute tersebut, selain dalam dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Pabrik Gresik sekaligus memanfaatkan potensi keberadaan Pabrik Gresik.

“Kami ingin menunjukkan, meski sebagian besar proses operasional Pabrik Gresik sudah dihentikan, namun pengelolaan pascatambang dapat dimanfaatkan sebagai lahan hijau, dan waduk penampung air,” kata pria yang juga Ketua Panitia HUT ke-59 Pabrik Gresik.

Sigit mengatakan, Semen Indonesia telah menerapkan prinsip industri hijau, antara lain dengan menghasilkan bahan baku tanpa membahayakan kelestarian sumber daya alam, mengolah bahan baku secara efisien, dan menyediakan energi alternatif pengganti energi fosil.

“Kami juga menyediakan bahan pembantu alternatif dalam menangani limbah industri, dan menjaga keseimbangan sumber daya alam dengan melakukan manajemen lingkungan,” katanya.

Melalui trail run ini diharapkan selain sebagai sarana olahraga, turut mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan di seluruh Pabrik milik Semen Indonesia Group. Ke depan, kata Sigit, kegiatan ini juga diharapkan akan menjadi cikal bakal ajang lomba lari yang bergengsi dan berskala nasional, dengan ikon industri hijau di Indonesia.

“Kegiatan ini kami buka untuk umum dan memperebutkan hadiah senilai puluhan juta rupiah, dengan kuota peserta 1.500 orang, dan pendaftaran lomba telah dibuka sejak 28 September 2016, dan hanya dapat dilakukan melalui situs www.semenindonesiarun.com,” katanya. (faz)