Global-News.co.id
Utama

Lika likunya Anies-Sandiaga Menuju Pemimpin DKI Jakarta

GN/Istimewa Bakal Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengajak selfie Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta 1.
GN/Istimewa
Bakal Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengajak selfie Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta 1.

JAKARTA (Global News)-Partai Gerindra dan PKS akhirnya sepakat menjatuhkan pilihan kepada Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta 2017. Bagaimana kisah kedua partai akhirnya kompak mengusung jago mereka.

Nama Sandiaga Salahudin Uno sudah sejak bulan Juli sudah diumumkan menjadi bakal calon gubernur (bacagub) DKI Jakarta. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sendiri yang mengumumkan penetapan Sandiaga sebagai bacagub, meski disadari partai berlambang burung garuda ini hanya punya 15 kursi di DPRD DKI.

Munculnya nama Sandiaga disambut hangat beberapa parpol, di antaranya PKB dan PAN. Harapan untuk memenuhi kekurangan 7 kursi pun setidaknya selesai karena PKB punya 6 kursi dan PAN 2 kursi. Di luar dua parpol ini, Gerindra juga terus berkomunikasi dengan parpol lainnya.

Saat bersamaan, Gerindra mulai menjaring nama bakal cawagub untuk mendampingi Sandi. Ada dua nama yaitu Sekda DKI Saefullah dan Sylviana Murni yang kemudian belakangan menjadi cawagub Agus Harimurti Yudhoyono yang pada awal September ikut tes cawagub di Gerindra.

Tentu Saefullah dan Sylviana bersedia jadi cawagub Sandiaga. Namun rupanya peta politik berubah. Tiba-tiba PKS muncul dan mengklaim sebagai rekan koalisi Gerindra dengan mengusung Mardani Ali Sera sebagai cawagub yang diklaim sudah mengantongi restu Prabowo.

Parpol yang semula hendak berkoalisi pun akhirnya berpikir ulang. PKB terang-terangan menolak Mardani Ali Sera sebagai cawagub. Namun Gerindra dan PKS tak menanggapi, komunikasi politik terus dilakukan dengan parpol lain di luar yang menolak Mardani.

Selasa 20 September, dinamika politik kembali berubah. Sandiaga yang sudah diusung Prabowo jadi cagub DKI, tiba-tiba mengumumkan diri siap menjadi cawagub, asal berdampingan dengan mantan Mendikbud Anies Baswedan.

“Level Pak Anies itu kemarin calon presiden,” kata Sandiaga kepada wartawan di Posko Sandiaga di Jl Melawai No 16, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2016).

Kemunculan nama Anies yang dalam survei punya elektabilitas lumayan itu menuai perdebatan di internal PKS dan Gerindra soal komposisi cagub-cawagub. Rapat demi rapat pun digelar hingga larut di tingkat elit parpol, tapi masih buntu.

Saat yang bersamaan, Gerindra dan PKS juga gagal mencapai kesepakatan dengan koalisi Cikeas yaitu Demokrat, PAN, PKB dan PPP yang sedianya punya harapan mengusung satu pasangan cagub-cawagub.

Hingga beberapa jam sebelum pendaftaran pada Jumat (23/9/2016), Gerindra-PKS belum menemui titik temu. Bahkan detik-detik jelang pendaftaran, muncul satu tokoh lagi yang sedang ditimang dalam rapat di kediaman Prabowo siang kemarin, yaitu kader PKS bernama Ledia Hanifa. Ledia jadi daya tawar pengganti batalnya Gerindra mengusung Mardani.

Tak banyak yang tahu bagaimana perdebatan itu berlangsung, lantaran elit Gerindra dan PKS juga memilih diam. Barulah sekitar pukul 19.00 WIB perdebatan itu terpecahkan dengan keputusan akhirnya Gerindra dan PKS sepakat mengusung Anies-Sandiaga.

“Anies Baswedan sebagai calon gubernur dan Sandiaga sebagai calon wakil gubernur. Kedua putra terbaik bangsa ini mampu membawa DKI ke arah lebih baik,” tutur Prabowo di kediamannya. Selang satu jam, keduanya didaftarkan sebagai cagub-cawagub DKI dengan jumlah 26 kursi Gerindra dan PKS. (dtc/nta/faz)

baca juga :

2.733 Ha Terendam, 546 Ha Lahan Pertanian di Bojonegoro Alami Puso

Titis Global News

Gubernur dan Dewan Siapkan Tiga Opsi Hadapi Pengurangan Pupuk Bersubsidi

Redaksi Global News

Jelang Ramadan, Peminat Vaksinasi Booster di Surabaya Meningkat

Redaksi Global News