Bupati Syafii Serahkan 105 Ekor Hewan Kurban

GN/Masdawi Dahlan Bupati Achmad Syafii menyerahkan ternak kurban para pejabat, staf SKPD, perbankan dan sebagainya pada perwakilan takmir Masjid Agung Asy-Syuhadak, Kota Pamekasan.

GN/Masdawi Dahlan
Bupati Achmad Syafii menyerahkan ternak kurban para pejabat, staf SKPD, perbankan dan sebagainya pada perwakilan takmir Masjid Agung Asy-Syuhadak, Kota Pamekasan.

PAMEKASAN (Global News)-Bupati Pamekasan Achmad Syafii, Minggu (11/9/2016) sore, menyerahkan bantuan hewan kurban yang merupakan sumbangan dari para pejabat, pimpinan SKPD dan karyawan di lingkungan Pemkab Pamekasan. Penyerahan dilakukan di teras depan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

Hewan kurban pada Idul Adha  2016 ini berjumlah 105 ekor hewan yang terdiri 6 ekor sapi dan 99 ekor kambing. Para pejabat yang menyumbangkan hewan kurbannya di antaranya Bupati Achmad Syafii dan Wakil Bupati Khalil Asyari, para pejabat serta karyawan SKPD di lingkungan Pemkab Pamekasan, BUMN dan BUMD, kalangan perbankan dan instansi pemerintah lainnya.

Para penerima hewan qurban tersebut berasal dari kalangan pengurus atau pengasuh pondok pesantren, pengelola yayasan sosial keagamaan, pengurus takmir masjid dan musala se-Pamekasan dan sejumlah lembaga lainnya yang ditunjuk untuk menjadi amil dalam penyembelian hewan kurban tersebut.

Selain diserahkan pada para pengurus yayasan yang nantinya menjadi pelaksana dalam penyembelian dan pendistribusian hewan kurban itu, juga ada hewan kurban yang disembelih sendiri oleh petugas di Sekretariat Pemkab Pamekasan dan dagingnya diserahkan pada warga sekitar yang pantas menerima.

Bupati Achmad Syafii dalam sambutannya, mengatakan, jumlah hewan kurban sumbangan dari para pejabat Pemkab dan instansi lainnya tahun ini berkurang disbanding tahun lalu. Kalau tahun lalu jumlahnya mencapai 140 ekor kambing dan 8 ekor sapi, tahun ini 6 ekor sapi dan 99 ekor kambing.

Meski demikian, Syafii berharap agar sumbangan ini benar benar ikhlas diniatkan untuk ibadah kepada Allah SWT. “Namun kita berharap semoga tahun depan akan bertambah lagi jumlahnya, sehingga akan lebih maksimal lagi bagi penerimanya,” katanya.

Syafii berterima kasih pada para pejabat dan pimpinan SKPD dan pimpinan BUMN, BUMD dan perbankan yang telah rela menyertakan hewan kurbannya untuk disalurkan secara bersamaan melalui panitia di Setdakab Pamekasan. Terlebih pada Bagian Kesra Setdakab Pamekasan yang telah menjadi pelaksana pendataan, pengumpulan dan pendistribusian.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraaan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Pamekasan Drs Moh Fahmi dalam laporannya menegaskan tiap tahun memang ada program  untuk pengumpulan hewan kurban yang akan disebarkan kepada warga dan perbagai pihak yang pantas untuk menerimanya.

“Program ini rutin kita lakukan tiap tahun sebagai bentuk kepedulian Pemkab Pamekasan dengan tujuan yang pertama untuk mengurangi angka kemiskinan  dan juga sebagai momentum berbagai dengan masyarakat Pamekasan dalam rangkaian perayaan Idul Adha,” katanya. (*/mas)