Peringati HUT Ke-66, Rumkital Dr Ramelan Hibur Warga dengan Pergelaran Wayang

GN/Istimewas Rumkital Dr Ramelan Surabaya menggelar pertunjukan wayang semalam suntuk dalam rangka peringatan HUT ke-66, Sabtu akhir pekan kemarin,. Sebelumnya, dibagikan hadiah kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangka HUT RI ke71.

GN/Istimewas
Rumkital Dr Ramelan Surabaya menggelar pertunjukan wayang semalam suntuk dalam rangka peringatan HUT ke-66, Sabtu akhir pekan kemarin,. Sebelumnya, dibagikan hadiah kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangka HUT RI ke71.

SURABAYA (Global News)-Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr Ramelan punya cara tersendiri merayakan hari ulang tahunnya yang ke-66 dan memperingati HUT kemerdekaan RI ke-71. Yakni menggelar wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Enthus Susmono dengan lakon Wahyu Nakuthoromo.

Ketua Panitia Malam Pesta Rakyat/Prajurit, Letkol Laut (K) drg Bima Pramundita SpOrtho menuturkan, banyak kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan HUT Rumkital Dr Ramelan, di antaranya bakti sosial 1000 orang papsmear, operasi katarak gratis, Touring Nggowes Safari Kesehatan, pagelaran kesenian wayang, dan Dzikir Akbar bersama KH Anwar Zahid dari Bojonegoro.

Tentang dipilihnya pertunjukan wayang kulit, menurut Bima Pramundita, merupakan wujud nyata kepedulian Rumkital pada kesenian asli Indonesia.”Kesenian wayang adalah warisan budaya asli Indonesia, karena itu wajib dilestarikan,” ungkapnya.

Humas Rumkital Dr Ramelan, Mayor Laut (KW) Silvy Kartika mengungkapkan, pagelaran wayang kulit merupakan salah satu rangkaian memeriahkan HUT Rumkital Dr Ramelan ke 66 dan HUT RI ke 71.

“Melengkapi pertunjukan wayang, kami juga membuka bazaar sebanyak 90 stan yang menjual berbagai barang dan makanan,” kata Silvy Kartika, Sabtu (20/8/2016) malam.

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Rumkital Dr Ramelan, Laksamana Pertama TNI dr IDG Nalendra DI SpB SpBTKV (K) mengungkapkan, dipilihnya seni pertunjukan wayang pada setiap perayaan HUT Rumkital, karena saat ini pengaruh budaya asing sangat terasa di Indonesia dan dapat mempengaruhi generasi muda.

“Dampak negatif budaya asing bisa dihalau dengan budaya lokal seperti seni pertunjukan wayang, banyak filosofi dan pesan moral dalam pertunjukan wayang,” ungkap pria getol mempromosikan pelestarian budaya Indonesia ini.

Dalam sambutannya, Nalendra juga mengungkapkan rumkital yang kini memiliki lebih dari 700 tempat tidur, layanan operasi jantung, hingga layanan THT.

Ia mengungkapkan, Rumkital Dr Ramelan mempunyai visi menjadi rumah sakit unggulan dan pilihan anggota TNI dan masyarakat umum. Kesan Rumkital sebagai rumah sakit khusus prajurit angkatan laut dan keluarga  sejak beberapa tahun terakhir mulai berganti, karena saat ini Rumkital menjadi salah satu rumah sakit rujukan andalan Kota Surabaya.

 “Sejak beberapa tahun terakhir kami telah memoderenisasi peralatan dan fasilitas rumah sakit untuk menunjang pelayanan kesehatan pada masyarakat,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan berbagai hadiah dan piala lomba seperti bulu tangkis, bola voli, futsal, tenis meja dan tenis lapangan.(inf)