Nina Soekarwo: Tumbuhkan Minat Baca, Bacakan Anak Dongeng Sebelum Tidur

Nina-Soekarwo

GN/Istimewa Nina Soekarwo, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur

SURABAYA (Global News)- Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Nina Kirana Soekarwo mengungkapkan, salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca anak yang paling mudah adalah dengan cara membacakan dongeng saat sebelum tidur.

Istri Gubernur Jatim ini mengatakan dengan kemajuan teknologi yang amat pesat seperti sekarang, para orangtua diimbau agar jangan terlalu mempercayai apabila anak lebih suka berdiam di dalam kamar dan bermain ponsel. “Mereka asyik dengan alat komunikasinya, sedangkan banyak sekali situs-situs di dalamnya yang diperuntukkan bagi orang dewasa,” ucap Nina Soekarwo Nina usai membuka Penyuluhan Gemar Membaca Kader PKK Desa/Kelurahan 2016 se-Jatim di Hotel Oval Surabaya, Kamis (11/8/2016) sore.

Nina pun berpesan kepada seluruh kader PKK untuk menyosialisasikan ke daerah masing-masing dan ikut menumbuhkan minat baca karena mereka merupakan ujung tombak pemerintah menyebarkan pelaksanaan program.

Diungkapkan Nina, minat baca masyarakat di Jawa Timur saat ini sudah berada di atas rata-rata tingkat nasional. Mengutip survei yang dilakukan Universitas Airlangga Surabaya, pada 2013 minat baca masyarakat Jatim secara rata-rata dari 38 kabupaten/kota se-Jatim sebesar 43 persen, 56 persen di tahun 2014, dan mencapai 65,5 persen pada 2015, sedangkan tingkat nasional sebesar 32 persen.

Menurut dia, hal tersebut dapat terjadi karena peran seluruh pemangku kebijakan, baik dari Pemerintah maupun pihak swasta dan masyarakat. Saat ini yang diperlukan oleh masyarakat, lanjut dia, adalah sarana prasana atau perpustakaan yang belum tersebar keberadaannya di seluruh desa/kelurahan.

Salah satu upayanya yakni menjadikan perpustakaan menjadi pusat belajar masyarakat sekaligus sebagai tempat layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). “Dari 8.501 (terdiri dari 7.724 desa dan 777 kelurahan), sekarang masih sebanyak 3.138 unit. Semoga segera keberadaan perpustakaan di seluruh desa se-Jatim,” katanya. (ant/faz)