Nggowes 950 Km Beri Penyuluhan Bahaya Narkoba

GN/Fakhrur Roziq Tim Nggowes Safari Kesehatan berpose bersama usai Upacara HUT RSAL Dr. Ramelan Surabaya, Senin (8/8/2016).

GN/Fakhrur Roziq
Tim Nggowes Safari Kesehatan berpose bersama usai Upacara HUT RSAL Dr. Ramelan Surabaya, Senin (8/8/2016).

SURABAYA-(Global News) Beragam cara dilakukan memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) ke-66. Salah satunya yang dilakukan 35 anggota tim Nggowes Safari Kesehatan yang menempuh perjalanan sejauh 950 kilometer dari Jakarta dan tiba di Surabaya untuk menghadiri peringatan HUT RSAL Dr Ramelan Surabaya, Senin (8/8/2016) kemarin.

Bukan sekadar nggowes, tim tersebut di setiap kotanya melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba kepada masyarakat.

Kepala RSAL (Karumkital) Dr Ramelan Laksamana Pertama TNI dr I.D.G. Nalendra Djaya Iswara SpB SpBTKV (K), mengungkapkan, tim nggowes safari kesehatan tersebut menempuh perjalanan sejauh 950 km dengan rute Jakarta-Semarang-Yogyakarta, dan berakhir di Surabaya. “Mereka berangkat pada 1 Agustus dan tiba di Surabaya pada 7 Agustus kemarin,” ungkap Nalendra Djaya Iswara.

“Selama perjalanan, tim ini melakukan penyuluhan kesehatan di setiap tempat saat mereka beristirahat bisa di tengah kota atau di rumah penduduk agar mengerti tentang bahaya narkoba dan melawannya dengan berolahraga,” tambah Nalendra.

Sementara itu, Asisten Personel (Aspers) KASAL Laksamana Muda TNI Karma Suta mengatakan, semakin bertambahnya usia RSAL Dr Ramalen Surabaya semoga menjadi momen introspeksi diri, agar RSAL dapat mendapat tempat di hati personel TNI dan masyarakat. “Keberadaan Rumkital karena perjuangan para pendahulu, sehingga kita punya rumah sakit seperti sekarang ini,” tuturnya.

Ia juga berhadap agar dalam HUT ini, RSAL semakin meningkatkan etos kerja, pelayanan yang baik, serta membangun kinerja organisasi dengan baik. “Ciptakan suasana kebersamaan dan kekeluargaan yang akrab agar harmonis dan sinergis juga mantapkan koordinasi dan kerjasama dengan instansi di luar TNI AL untuk mendapatkan informasi aktual tentang perkembangan lingkungan untuk kemajuan Rumkital,” jelasnya.

Hadir dalam upacara peringatan HUT, Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf, dan beberapa tamu kehormatan.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengungkapkan, keberadaan RSAL Dr Ramelan Surabaya, saat ini mampu mengurangi beban RSU dr. Soetomo dalam pelayanan kesehatan. “Kemajuan Rumkital sekarang ini tidak hanya dirasakan oleh anggota TNI AL dan warga terdekat, tetapi juga dirasakan masyarakat luas,” kata pria lekat disapa Gus Ipul ini.

Ia juga berharap, agar Rumkital tetap berinovasi dan terus berkembang agar berdampak luas bagi kesehatan masyarakat, sebab yang paling dibutuhkan masyarakat adalah pelayanan kesehatan yang baik. “Masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Layanan kesehatan maksimal, maka kualitas kesehatan akan meningkat,” pungkas Gus Ipul. roz/inf