Nama Palestina Dihapus dari Google Maps

GN/Istimewa Google telah menghapus nama Palestina dar Google Maps

GN/Istimewa
Google telah menghapus nama Palestina dar Google Maps

JERUSALEM (Global News)-Jika mencari nama Palestina yang sudah mulai mendapat pengakuan dari dunia, anda tidak akan menemukannya. Sebaliknya, di Google Maps, keyword Palestina (Palestine) akan diarahkan ke peta Israel di Google Maps. Mengapa?

Sejak 25 Juli 2016, Google resmi menghapus Palestina dari Google Maps, dan menggantinya dengan peta Israel.

Keputusan ini kemudian mendatangkan kritikan tajam dari Forum Jurnalis Palestina. Forum tersebut menuding keputusan Google menghapus peta Palestina merupakan bagian dari skema Israel untuk membuat legitimasi negara zionis tersebut.

“Ini merupakan skema untuk membumikan nama Israel sebagai negara yang sah untuk generasi mendatang dan menghapus nama Palestina untuk selamanya,” demikian pernyataan Forum Jurnalis Palestina seperti dikutip Middleeastmonitor, Jumat (5/8/2016).

Muncul anggapan, langkah penghapusan nama Palestina dari Google Maps sengaja dirancang untuk memutarbalikkan sejarah, geografi serta memalsukan hak rakyat Palestina atas tanah air mereka.

“Langkah ini merupakan upaya kegagalan untuk merusak memori rakyat Palestina, Arab dan Dunia,” demikian keterangan resmi Forum Jurnalis Palestina.

Forum Jurnalis Palestina menegaskan, langkah Google bertentangan dengan semua norma dan konvensi internasional. Mereka menekankan Google harus menarik kembali perubahan nama Palestina dalam Google Maps tersebut.

Hingga sejauh ini, belum ada penjelasan dari pihak Google terkait dengan alasan penghapusan nama Palestina dari Google Maps. (jos/zis)