MTsN Sumber Bungur Raih Juara II Kepala Sekolah Berprestasi

GN/Masdawi Dahlan Mohammad Holis menerima penghargaan sebagai Kepala MTsN berprestasi di Jatim.

GN/Masdawi Dahlan
Mohammad Holis (kiri) menerima penghargaan sebagai salah satu Kepala MTsN berprestasi di seluruh Jatim.

PAMEKASAN (Global News)-Kepala Madarasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sumber Bungur Pakong Pamekasan Mohammad Holis S. Ag MSi meraih juara II dalam kompetisi kepala madrasah tsanawiyah berprestasi tingkat Jawa Timur 2016.

Mohammad Holis mengalahkan 36 kepala MTsN lainnya se Jawa Timur dari 38 kepala sekolah yang menjadi peserta dalamkompetisi yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementrian Agama Propinsi Jawa Timur.

Juara I dalam kompetisi tersebut diraih Drs H Nursalim MPd Kepala MTsN II Kota Kediri dan juara III diraih Drs Utsman Kaharudin MPd Kepala MTsN Karanganyar Paiton Probolinggo.

Holis mengatakan kompetisi tersebut diselenggarakan rutin setiap tahun. Tujuannya meningkatkan kinerja, inovasi dan kerja nyata dalam pengembangan madrasah di Indonesia.

“Bagi yang berhasil meraih juara I mendapatkan kesempatan untuk menjadi duta Jawa Timur dalam event tingkat nasional,” katanya.

Adapun tahapan penilaiannya, lanjut Holis, antara lain panitia melakukan penilaian administratif. Dari penilaian administratif ini dinyatakan lolos sebanyak 15 orang. Tiap peserta yang lolos  administratif harus membuat karya tulis ilmiah (KTI) dan kemudian mereka diminta untuk mempresentasikannya yang terkait tentang inovasi pengembangan madrasah itu,  pada tanggal 4-5 Agustus di Hotel Utami Surabaya.

“Alhamdulillah kami berhasil mendapat juara II. Ini berarti apa yang kami lakukan Insya Allah telah membawa hasil dan memenuhi standar yang dinginkan oleh pemerintah. Penilaian presentasi dan wawancara dilaksanakan tadi malam. Dan yang menyerahkan penghargaan Kasi Kurikulum dan Evaluasi pada Bidang Pendma Kanwil Kemenag Jatim di Hotel Utama tadi pagi jam 8,” kata Holis Jumat lalu.

Holis sendiri membuat karya tulis yang dipresentasikan di depan para penilai. Judulnya “Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Kelas Mata Pelajaran di MTsN Sumber Bungur Pamekasan,” terang Holis.

KTI ini merupakan project report atas kegiatan yang sudah dilaksanakan di MTsN Sumber Bungur Pamekasan selama ini.

Sekadar diketahui MTsN Sumber Bungur adalah satu satunya MTsN model di Pamekasan. Sekolah ini dikenal sebagai MTsN unggulan di lingkungan Kantor Kemenag Pamekasan. Selama ini MTsN Sumber Bungur ini telah mengkir banyak prestasi baik akademik maupun non akademik, tingkat nasional hingga internasional.

Di antaranya tahun 2016 ini dua siswa MTsN Sumber Bungur mendapat 2 medali perunggu di SASMO (Singapore and Asian School Matematic Olimpiade). Dan MTsN Sumber Bungur  kini juga memililiki akreditasi dari International  Computer Learning (ICDL). Tahun ini juga sekolah ini telah terakreditasi  A dari BAN/SM.

Berbagai fasilitas penunjang yang dimiliki antara lain gedung perpustakaan lantai dua, laboratorium IPA, laboratorium multimedia dan bahasa, laboratorium IPS, laboratorium agama, klinik matematika, lapangan basket dan futsal. Sekolah ini tahun ini juga meraih juara 1 sekolah Adiwiyata. (mas)