Semen Gresik Raih Penghargaan Original Brand dan Living Legend Brand 2016

GN/Istimewa Pemimpin Usaha Majalah SWA Zetta Saraswati, Direktur Komersial Semen Gresik Mukhamad Saifudin (tengah), Pimred Majalah SWA Sudjatmaka saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

GN/Istimewa
Pemimpin Usaha Majalah SWA Zetta Saraswati, Direktur Komersial Semen Gresik Mukhamad Saifudin (tengah), Pimred Majalah SWA Sudjatmaka saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

JAKARTA (Global News)Semen Gresik telah terbukti tetap kokoh menjadi merek pilihan konsumen Indonesia di tengah persaingan industri semen yang semakin sengit. Terbukti dengan diberikannya penghargaan Indonesia Original Brand 2016 dan juga Living Legend Brand 2016 dari majalah SWA di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Direktur Komersial Semen Gresik Mukhamad Saifudin mengatakan Semen Gresik yang merupakan grup dari PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk saat ini menguasai pangsa pasar  22,8 % dengan sebaran produk mulai di Jawa, Bali Nusra dan Kalimantan, Maluku dan Papua dengan sebaran jaringan toko sampai 22.000 menjadikan Semen Gresik semakin kokoh dari tahun ke tahunnya.

“Dilihat dari indeks IOB (Indonesia Original Brand) Semen Gresik memiliki indeks yang paling tinggi di industri semen,” ujar Mukhamad Saifudin.

Menurut Saifudin, indeks IOB ini diperoleh dari riset yang dilakukan oleh lembaga riset Bussiness Digest dan majalah SWA dengan mengacu ke 4 (empat) parameter survei yaitu satisfaction (kepuasan), loyalty (loyalitas), advocacy (advokasi) dan foreign local competition (FLC) dengan metode multistage random sampling dengan melibatkan 5.070 responden di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Makasar.

Variabel tersebut mengukur tingkat keyakinan konsumen bahwa merek lokal tetap lebih baik dibanding merek asing. Dari riset tersebut dapat dilihat merek-merek asli Indonesia yang sukses di pasar dengan memiliki kinerja yang bagus, pangsa pasar yang signifikan, ekuitas merek yang tinggi dan terbukti survive dan tidak kalah bersaing dengan merek asing. Saat ini Semen Gresik serius dan konsisten melakukan program program marketing baik untuk partnernya maupun untuk end usernya.

Contoh saat ini Semen Gresik memiliki komunitas tukang hampir 12.000 orang dengan 5.000 orang yang sudah tersertifikasi. Tidak hanya itu Semen Gresik memanjakan pelanggannya dengan adanya program co-creation dengan Bank Mandiri untuk program loyalitas yang merupakan program pertama dan terbesar di industri semen.

Program terbaru Semen Gresik adalah edukasi bisnis ke para toko bangunan dengan melibatkan para pakar marketing Hermawan Kertajaya, Rhenald Kasali dan Tung Dasem Waringin. “Dari penghargaan tersebut Semen Gresik dapat dibilang ‘Sangat Indonesia’ karena dihasilkan dari Indonesia untuk Indonesia,” pungkas Mukhamad Saifudin.(fan)