Manajemen  SI Bukber Bersama Pimpinan Media

 

Kabiro Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia (SI) Sigit Wahono memberikan sambutan dalam buka bersama.

Kabiro Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia (SI) Sigit Wahono memberikan sambutan dalam buka bersama.

SURABAYA (Global News)-Manajemen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mengadakan silaturrahim dan buka bersama dengan pimpinan redaksi yang ada Jawa Timur, di Hotel Sutos, Senin (13/6/2016).

Tampak hadir Kepala Perwakilan Kantor Berita Antara yang juga Ketua PWI Jatim, H. Achmad Munir dan sejumlah pimpinan redaksi lainnya.

Kabiro Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia (SI) Sigit Wahono, dalam sambutannya mengatakan, acara ini sudah menjadi agenda tahunan.

Dengan harapan, tali siaturrahim antara perusahaan dan pers tetap terjaga. “Kami harapkan acara seperti akan terus berlangsung setiap tahunnya,” katanya.

Menyinggung soal industri semen, Sigit mengatakan, akibat permintaan pasar yang turun, maka pada tahun 2016 ini persaingan akan semakin ketat. “Kapasitas terpasang pabrik semen di Indonesia sekarang sekitar 89 juta ton, sedangkan daya serap pasar diperkirakan sekitar 60 juta ton,” kata Sigit.

Karena itu, kini sejumlah pabrik semen tidak mengoptimalkan tingkat produksinya. Ada pabrik semen yang “mematikan” pabriknya. “Ini semua tidak terlepas semakin ketatnya persaingan di 2016. Tahun ini, masuk lagi pemain baru, yakni dari China dan Thailand,” katanya.

Lalu bagaimana dengan SI menyikapi persoalan ini? Tentang ini Sigit mengatakan, ekspor akan lebih digalakkan lagi tentunya. Sementara penjualan ekspor Semen Indonesia 2015 meningkat 144,3 persen menjadi 481.943 ribu ton dari tahun 2014 yang sebesar 197.284 ribu ton. Pencapaian ini disumbang oleh kinerja penjualan Semen Padang yang meningkat 201,4 persen menjadi 370.440 ton dibandingkan tahun 2014 yang sebanyak 122.903 ton.

Selain itu, Semen Tonasa juga memberikan kontribusi ekspor sebesar 111.503 ton, meningkat 49,9 persen dari penjualan sebelumnya yang hanya 74.381 ton. fan