Jadi Cadangan, Messi Borong Tiga Gol Argentina

Lionel Messi saat melepaskan sepakan yang menghasilkan gol keduanya dalam laga menghadapi Panama, Sabtu (11/6/2016).

Lionel Messi saat melepaskan sepakan yang menghasilkan gol keduanya dalam laga menghadapi Panama, Sabtu (11/6/2016).

CHICAGO (Global News)-Argentina melumat Panama 5-0 dalam babak fase grup Copa Amerika Centenario di Stadion Soldier Field Chicago, Amerika Serikat (AS), Sabtu (11/6/2016) Waktu Indonesia Barat. Dari lima gol, tiga di antaranya dicetak Lionel Messi yang bermain dari sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

Selain trigol Messi, dua gol Albiceleste disumbang Nicolas Otamendi pada babak pertama dan Sergio Aguero di penghujung berakhirnya pertandingan.

Kemenangan telak ini mengantar Messi dan rekan-rekannya lolo ke babak perempatfinal Copa America Centenario menyusul Kolombia, Venezuela dan Meksiko yang sudah memastikan lolos terlebih dulu.

Argentina berada di puncak klasemen dengan enam poin, dan tidak akan terkejar oleh Cile dan Panama di posisi kedua dan ketiga dengan tiga poin. Panama dan Cile akan berebut tiket lolos pada laga pamungkas yang diselenggarakan Rabu (15/6/2016).

Tim besutan Gerardo Martino unggul 1-0 lewat tandukan Nicolas Otamendi yang meneruskan tendangan bebas Angel Di Maria pada menit 7.

Setelah gol itu, Panama terpaksa bermain dengan 10 orang setelah wasit Joel Aguilar asal El Salvador memberikan kartu kuning kedua kepada Cesis Godoy yang terpantau melakukan gerakan tangan ke wajah Nicolas Gaitan pada menit 32.

Pada babak kedua, Gerardo Martino memainkan Lionel Messi untuk menggantikan Agusto Fernandez. Messi pun langsung mengobrak-abrik pertahanan Panama lewat gol yang diciptakannya pada menit 68 memanfaatkan bola sodoran Gonzalo Higuain. Skor berubah menjadi 2-0.

Messi kembali menggetarkan jaring gawang Panama untuk menambah keunggulan Argentina menjadi 3-0 kali ini bukan dari pergerakan lincahnya, melainkan dari tendangan bebas yang melewati pagar pemain Panama pada menit 78.

Aguero yang menggantika Higuain nyaris menambah keunggulan Argentina, sayang gol pemain Manchester City itu dibatalkan wasit karena dianggap offside pada menit 84.

Messi menorehkan hattrick lewat ketenangannya saat menguasai bola di dalam kotak penalti Panama kemudian melepaskan tendangan kaki kiri ke pojok gawang Panama ketika laga memasuki menit 87. Gol itu berkat assist dari Marcos Rojo.

Argentina memastikan kemenangan 5-0 setelah Lionel Messi memberikan umpan kepada Rojo kemudian diteruskan kepada Aguero yang melepaskan tembakan pada menit 90. Skor 5-0 bertahan hingga laga usai.

Statistik laman resmi Copa America mencatat Argentina unggul 70 persen berbanding 30 persen penguasaan bola dengan 12 sepakan ke gawang sementara Panama cuma melepaskan lima tendangan.(rtr/faz)

Susunan Pemain:

Argentina (4-3-3): Romero; Mercado, Otamendi, Funes Mori, Rojo; Augusto (Messi), Mascherano, Banega; Gaitan, Di Maria (Erik Lamela), Higuain (Aguero)

Panama (4-5-1): Penedo; Machado, Baloy, Henriquez, Miller; Cooper (Arroyo), Godoy, Pimentel (Camargo), G. Gomez, Quintero; Perez (Carlos Tejada).