Hujan Tembakan dan Bom Bunuh Diri di Bandara Turki, 36 Orang Tewas

GN/Reuters Suasana Bandara Ataturk setelah terjadinya ledakan bom bunuh diri, Rabu (29/6/2016).

GN/Reuters
Suasana Bandara Ataturk setelah terjadinya ledakan bom bunuh diri, Rabu (29/6/2016).

ISTANBUL-Tiga pelaku bom bunuh diri beraksi di Bandara Attaturk, Istanbul, Turki. Sebelum meledakkan diri, pelaku pun menghujani calon penumpang di sekitar mereka dengan tembakan.

Mengutip kantor berita Reuters, sejumlah saksi mata menuturkan bagaimana mengerikan dan kacaunya kondisi di bandara saat kejadian.

“Semua orang berlarian. Di mana-mana ada darah dan potongan tubuh. Saya melihat lubang-lubang peluru di pintu-pintu,” ujar seorang wanita bernama Duygu seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (29/6/2016).

Saat kejadian, wanita itu tengah berada di bagian pemeriksaan paspor setelah tiba dari Jerman. Dia mengatakan, dirinya sempat terlempar dan jatuh ke lantai saat ledakan bom terdengar. Beberapa saksi mata juga melaporkan mendengar suara tembakan sebelum ledakan-ledakan bom.

“Ada ledakan besar, sangat kuat. Atap roboh. Di dalam bandara sangat mengerikan, kerusakannya besar,” tutur saksi mata bernama Ali Tekin, yang tengah berada di area kedatangan untuk menunggu seorang tamu, ketika serangan bom terjadi.

Dalam rekaman CCTV Bandara memperlihatkan detik-detik mengerikan saat ledakan bom di Bandara Ataturk, Istanbul, Turki, Rabu (29/6/2016) dini hari WIB.

Dalam rekaman tersebut, tampak tersangka yang membawa bom meledakkan dirinya sendiri beberapa detik setelah ditembaki oleh polisi. Pelaku yang saat itu terluka akibat timah panas polisi, terlihat jatuh ke lantai sebelum menggeliat dan berusaha memicu bom bunuh diri.

Lalu, seorang petugas kepolisian menghampiri dan bergelut dengan bomber yang terluka, sebelum kabur dan meledakkan diri sendiri.

Bandara Ataturk adalah bandar udara tersibuk ketiga di Eropa. PM Turki Binali Yildirim mengklaim pengeboman yang didahului dengan aksi penembakan membabi-buta itu menewaskan sedikitnya 36 orang dan melukai lebih dari 100 orang lainnya.

“Berdasarkan laporan sejauh ini, 36 orang meninggal dunia dan banyak yang terluka,” kata Yildirim kepada wartawan di lokasi kejadian. Yildirim menambahkan, beberapa korban mengalami luka serius.

Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan yang disusul tembakan tersebut.(faz)