Global-News.co.id
Sport Utama

Albiceleste Gagal Juara, Messi Putuskan Pensiun Timnas

GN/BBC Raut muka penyesalan Lionel Messi seusai gagal melakukan eksekusi penalti.
GN/BBC
Raut muka penyesalan Lionel Messi seusai gagal melakukan eksekusi penalti.

NEW JERSEY (Global News)-Dalam suasana bersedih setelah kalah di final Copa America Centenario, Lionel Messi mengatakan dirinya pensiun dini dari tim nasional Argentina.

Argentina kalah melalui drama adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2 di Stadion MetLife, New Jersey, Senin (27/6/2016). Sebelumnya di waktu normal dan perpanjangan waktu pertandingan berlangsung imbang tanpa ada satu gol pun yang tercipta.

Messi yang menjadi algojo pertama di drama adu penalti gagal menyarangkan gol. Bola sepakannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Kekalahan ini adalah yang ketiga beruntun di final untuk Argentina. Pada Piala Dunia 2014 mereka ditekuk 0-1 oleh Jerman, sementara di final Copa America 2015 mereka kalah lewat adu penalti dari Chile. Di Copa America Centenario, Albiceleste –julukan Argentina– juga kalah dari Chile. Kekalahan itu membuat Messi melontarkan pernyataan pensiun dari timnas.

“Ini bukan takdir kami. Ini final ketiga kami secara beruntun. Kami sudah berusaha. Ini sangat sukar, ini masa-masa yang sulit untuk dianalisis. Di ruang ganti, saya berpikir bahwa ini sudah selesai untuk saya. Tim ini bukan untuk saya,” kata Messi, seperti dikutip dari akun Twitter resmi Argentina. “Itulah yang saya rasakan saat ini. Ini adalah kesedihan yang mendalam. Saya gagal menyarangkan penalti yang sangat penting. Keputusan ini untuk kebaikan semuanya.”

Sementara itu, kiper timnas Argentina, Sergio Romero, mengatakan bahwa keputusan ini belum final dan hanya dikeluarkan Messi karena dirinya terbawa suasana.

Messi sendiri saat ini tercatat sebagai penyerang tersubur dalam di timnas Argentina dengan torehan 55 gol. Satu-satunya gelar yang direbut pemain 29 tahun itu bersama Argentina adalah emas Olimpiade 2008.

Trofi Copa America Centenario akhirnya jatuh ke pelukan Tim Nasional Chile setelah mengalahkan Argentina 4-2 lewat adu penalti di Stadion Metlife, New York, Minggu waktu setempat atau Senin pagi WIB.

Pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 hingga 90 menit pertandingan dan babak tambahan waktu dua kali 90 menit.

Arturo Vidal yang maju sebagai eksekutor penalti pertama Chile gagal menaklukkan kiper Sergio Romero, algojo penalti pertama Argentina Lionel Messi juga gagal mencetak gol. Namun selanjutnya pemain Chile Nicolas Castillo, Charles Aranguiz, Jean Beausejour dan Gato Silva berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna.

Sementara di kubu Argentina, hanya Javier Mascherano dan Sergio Aguero yang sukses membobol gawang Chile.

Pertandingan juga diwarnai dua kartu merah yang masing-masing diterima oleh pemain Chile Marcelo Diaz pada menit ke-23 dan pemain Argentina Marcos Rojo pada menit ke-43.

Dengan kemenangan ini, Chile mengangkat tropi Copa America untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir. Mereka juga mengalahkan Argentina lewat adu penalti pada turnamen tahun lalu.

Susunan pemain:

Argentina: Romero, Mercado, Otamendi, Funes Mori, Rojo; Banega (Lamela), Mascherano, Biglia; Messi, Higuain (Aguero), Di Maria (Kranevitter)

Chile: Bravo; Isla, Jara, Medel, Beausejour; Aranguiz, Diaz, Vidal; Alexis (Silva), Fuenzalida (Puch), Vargas (Castillo)

baca juga :

Liga 1: Persebaya Clean Sheet, Yan Victor MOTM

Redaksi Global News

Erick Thohir Rampingkan BUMN, Janji Minimalisir PHK

Redaksi Global News

Balada Rizieq-Firza, Kak Emma Merasa Ditekan Penyidik

Redaksi Global News