Sidak UN SMP/MTs di Pamekasan, Syafii Doakan Siswa Jadi Kader Kebanggaan Bangsa

GN/MASDAWI DAHLAN SIDAK UN: Bupati Syafii bersama rombongan saat menggelar sidak ujian nasional di MTsN Sumber Bungur Pakong, Senin (9/5/2016).

GN/MASDAWI DAHLAN
SIDAK UN: Bupati Syafii bersama rombongan saat menggelar sidak ujian nasional di MTsN Sumber Bungur Pakong, Senin (9/5/2016).

PAMEKASAN (Global News)-Bupati Pamekasan Achmad Syafii mendoakan para peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs di wilayahnya, bisa lulus dengan baik dan juga bisa menjadi generasi bangsa yang membanggakan. Doa itu diungkapkan Syafii, saat melakukan sidak UN tingkat SMP/MTs di MTsN Sumber Bungur dan SMPN 1 Pakong, Senin (9/5/2016).

“Kita doakan agar mereka bisa lulus dengan baik semua dan yang paling pokok kita doakan semoga nanti mereka akan menjadi generasi bangsa yang membanggakan. Karena mereka penerus bangsa dan bangsa kita membutuhkan kader penerus yang berkualitas, membanggakan kedepan seiring dengan beratnya tantangan kehidupan bangsa dan Negara ke depan,” kata Syafii.

Ikut mendampingi Syafii dalam sidak kali UN kali ini, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan Drs Moh tarsun MSi, Kepala Kantor Kemenag Pamekasan Drs HM Juhedi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Listiyanto Joko T, perwakilan dari Kodim 0826 Pamekasan, dan Polres Pamekaasan, serta perwakilan dari lembaga terkait lainnya.

Usai Sidak, Syafii mengatakan, pelaksanaan UN kemarin berjalan lancar tidak ada kendala, baik pendistribusian soal maupun hal hal tehnik dan administratif lainnya. Dia berharap hingga tuntas pelaksaan UN hari terakhir nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Plt Kepala Disdik Pamekasan Drs Moh Tarsun mengatakan peserta UN tingkat SMP/MTs tahun ini jumlahnya mencapai 15.805 siswa. Rinciannya peserta UN SMP sebanyak 7.069 dan peserta UN MTs sebanyak 8.736. Sedangkan sekolah penyelenggara UN untuk penyelenggara UN SMP sebanyak 83 sekolah dan UN MTs sebanyak 137 sekolah.

Tarsun menegaskan, pelaksanaan UN tahun ini lebih bagus dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dia berjanji untuk tahun depan UN tingkat SMP dan MTs akan dilakukan dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Menyinggung hasil UN tingkat SMA/SMK yang sudah diumumkan, Tarsun menegaskan bahwa nilai indek integritas lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tahun sebelumnya. Itu ditunjukkan dengan adanya hasil nilai yang bervariasi antar siswa.

Dia menegaskan, untuk peringkat 10 besar UN SMA peringkat 1,2 dan 3 diraih siswa SMAN 2 Pamekasan, dan peringkat 4 hingga sepuluh diraih siswa SMAN 1.

Sementara peserta UN SMK peringkat pertama diraih siswa SMKN 3, peringkat 2 siswa SMK Al Mujtamak. Lalu peringkat 3, 4 dan 5 kembali diraih siswa SMKN 3. Peringkat 6 dan 7 diraih siswa  SMKN 2 dan peringkat 8 diraih siswa SMKN Pakong.  Terakhir peringkat 9 dan 10 kembali diraih SMKN 3.

Kepala Kemenag Pamekasan HM Juhedi menjamin, pelaksanaan UN di MTs akan berjalan jujur dan fair tak ada rekayasa apapun. Siswa diminta untuk mempersiapkan secara mandiri. Dia memastikkan hasil UN tahun ini akan lebih  baik dan berkulitas.

“Kelulusan sekarang bukan lagi tergantung pada UN saja, namun besdasarkan pada factor lain. Sehingga anak peserta UN  tidak terbebani oleh masalah UN saja, sehingga anak bisa belajar dengan tenang enjoy dan nanti diharapkan akan jujur dan hasilnya juga akan menjadi baik,” katanya. mas