Menelurkan Peningkatan Prestasi, Bupati Puji KONI Pamekasan

GN/Masdawi Dahlan  Bupati Pamekasan Achmad Syafii menyulut obor tanda dimulainya Porkab IV Pamekasan

GN/Masdawi Dahlan
Bupati Pamekasan Achmad Syafii menyulut obor tanda dimulainya Porkab IV Pamekasan

PAMEKASAN (Global News)-Bupati Pamekasan Achmad Syafii menegaskan kinerja pengurus KONI Pamekasan selama ini cukup membanggakan. Sejak beberapa kali gelaran Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jatim, KONI Pamekasan telah berhasil menaikkan peringkat perolehan medali secara signifikan.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Syafii kepada wartawan usai membuka Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab) ke IV tahun 2016 KONI Pamekasan di lapangan depan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Senin (30/5/2016).

“Kami tetap akan mengawal, sekalipun dengan anggaran yang tidak terlalu besar. Dan yang paling membanggakan Alhamdulillah hasilnya selama ini sangat bagus. Tiap gelaran Porprop kontingen dari KONI Pamekasan perolehan medali selalu meningkat  terus,” katanya.

Syafii kemudian mencontohkan perolehan medali dan prestasi KONI Pamekasan. Pada Porprov tahun 2011 berada pada peringkat ke 34 daerah peraih medali di Jatim, dan pada Porprop 2013 Pamekasan berhasil naik pada posisi ke 26, lalu pada tahun  2015 naik berada di urutan ke 18 dengan prolehan sekitar 20 medali baik medali emas, perak dan perunggu.

“Pada  2015 target kita cukup urutan ke 20 daerah terbanyak penerima medali, ternyata berhasil berada pada urutan ke 18, itu kan baik sudah. Nah harapan kita pada Porprov yang akan datang nanti akan berada di urutan ke 15 kalau bisa lebih bagus lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KONI Pamekasan Yasir Azis menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus meningkatkan prestasi tiap event poprov maupun event kejuaraan lainnya baik tingkat Jatim maupun nasional. Selama ini sudah terbukti dengan terus bertambahnya jumlah perolehan medali yang diraih para atlet binaan KONI Pamekasan.

“Porkab ini dan pembinaannya bukan hanya untuk Porprov namun juga untuk event kejuaraan lainnya baik Jatim maupun  nasional,  bahkan hingga internasional. Karena itu kami harap   Porkab ini harus  objektif, sportif dan berkualitas, sehingga hasilnya nanti akan bisa memiliki daya saing yang kuat,” katanya.

Pembukaan Porkab IV Tahun 2016 dilakukan oleh Bupati Achmad Syafii yang ditandai dengan penyulutuan api Porkab yang diambil dari sumber api tak kunjung padam di Dusun Dangka Desa Larangan Tokol  Kecamatan Tlanakan. Api itu dibawa oleh para atlet Pamekasan yang berprestasi pada pukul 11.00 siang lalu dibawa menuju lokasi upacara pembukaan Porkab.

Sebelum penyulutan obor Porkab, dilakukan penyerahan Piala Bergilir Porkab dari Camat Pamekasan Drs Saudi Rahman selaku juara umum Porkab tahun 2014 lalu kepada Ketua Panitia Porkab IV 2016 Lukman Al Hakim. Piala itu kemudian diserahkan Lukman Al Hakim kepada Bupati Achmad Syafii.

Lukman Hakim mengatakan sekalipun terjadi penundaan waktu pelaksanaan Porprov, dari tahun 2017 ke tahun 2019 mendatang,  Porkab Pamekasan yang rutin diadakan tiap dua tahun, tetap digelar tahun 2016 ini. Dia melihat banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan penundaan tersebut. “Ada waktu yang cukup panjang akan membuat pembinaan bagi atlet muda makin maksimal. Lebih dari itu akan bisa mempersiapkan aspek aspek lainnya secara lebih matang. Jadi tidak ada masalah penundaan Porprop itu. Tetap akan banyak manfaatnya, “ tandasnya. (mas)