Lurah Siwalankerto: Ling Tien Kung Sehatkan Warga

GN/Erfandi Putra Lurah hadir Lurah Siwalankerto Rury Damayanti berpose bersama dengan para pengurus dan instruktur Ling Tien Kung.

GN/Erfandi Putra
Lurah hadir Lurah Siwalankerto Rury Damayanti ((kerudung abu-abu) berpose bersama dengan para pengurus dan instruktur Ling Tien Kung.

Sabtu (23/4/2016), Sasana Teratai, Kelurahan Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya merayakan HUT Ke-1. Setidaknya 75 anggota Ling Tien Kung dari sasana di Komplek Dishub Jatim tersebut berkumpul. Hadir sejumlah anggota Ling Tien Kung dari Ole-Ole. Sementara dari EMPET2 diwakili oleh Ibu Sovy. Juga hadir Lurah Siwalankerto Ibu Rury Damayanti.

“Kami sangat senang hadirnya Ling Tien Kung di kelurahan kami. Paling tidak masyarakat kami melaksanakan olah gerak tubuh. Saya mendengar dari sejumlah penduduk di kelurahan ini bahwasanya gerak Ling Tien Kung bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Terbukti sejumlah anggota masyarakat yang mengidap penyakit sembuh setelah ikut Ling Tien Kung,” kata Ibu Lurah Rury.

Menurut Lurah Rury, keberadaan Ling Tien Kung sangat membatu kelurahan. Terutama dalam hal menyehatkan masyarakat. “Saya berharap Ling Tien Kung di kelurahan ini terus berkembang. Itu artinya juga membantu program pemerintah dalam hal kesehatan masyarakat,” kata Lurah Rury.

Sementara itu, Ketua Sasana Teratai Ketty Soni Soenanto, mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi agar jumlah anggota Ling Tien Kung yang berpusat di Dishub Jatim terus bertambah. “Memang kebanyakan anggota kami berasal dari pensiunan dan karyawan aktif di lingkungan Dishub Jatim. Juga ada anggota dari sekitar Kantor Dishub Jatim, seperti dari Perum Jemur Andayani dan lainnya. Secara keseluruhan anggota di sasana ini sekitar 75 orang,” kata Ibu Ketty.

Ketty mengatakan, pihaknya yakin jumlah anggota terus akan bertambah. Pasalnya, para pengurus selain melakukan sosialisasi tatap muka, seperti dilakukan di PKK juga mengadakan peragaan gerak Ling Tien Kung di sejumlah tempat. Intinya, kami melakukan perkenalan Ling Tien Kung. Dengan harapan mereka tertarik dan selanjutnya menjadi anggota Ling Tien Kung.

Hingga saat ini di sasana yang berdiri April 2015 tersebut masih memiliki 4 instruktur. “Dengan 4 instruktur tersebut sebenarnya cukup, tetapi kami memikirkan perkembangan ke depan. Karena itu, kami berharap sejumlah anggota bisa mengikuti pelatihan instruktur di Ole-Ole. Berapa orang dan kapan, kami akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

 

Latihan Bersama

Peringatan HUT Ke-1 Sasana Teratai ini ditandai oleh latihan bersama oleh anggota Ling Tien Kung dari sasana tersebut. Latihan dimulai sekitar pukul 06.00. Setelah itu dilakukan peragaan Gerakan Kipas oleh sejumlah anggota Ling Tien Kung Ole-Ole. Peragaan gerak ini mendapat sambutan yang cukup meriah para hadirin yang hadir di acara tersebut.

Sebagai puncak acara HUT Ke-1 Sasana Teratai dilakukan pemotongan tumpeng yang dilanjutkan sarapan bersama seluruh anggota dan tamu lainnya yang hadir diacara tersebut. “Kami berharap, pada HUT Ke-2 tahun depan anggota kami sudah berada di atas 100,” kata Ketty.

Bambang Djumain(70), Ketua Pelatih, instruktur di Sasana teratai mengatakan, pihaknya bersama pelatih lainnya, yakni Bapak Sulis terus menerus melakukan latihan bersama, yakni Rabu dan Sabtu yang dimulai pukul 06.00. “Saya yakin anggota di sini akan terus bertambah, karena tidak sedikit dari anggota yang sembuh penyakitnya setelah berlatih Ling Tien Kung. Berbagai penyakit anggota seperti kolesterol, diabtes dan lainnya sembuh setelah berlatih Ling Tien Kung,” kata Bambang. Erfandi Putra.