Lima Siswa Jadi Duta Jatim dalam OSN Palembang

GN/Masdawi Dahlan Bupati Achmad Syafii menyerahkan penghargaan Duta OSN Jatim asal Pamekasan, Senin (2/5/2016)

GN/Masdawi Dahlan
Bupati Achmad Syafii menyerahkan penghargaan Duta OSN Jatim asal Pamekasan, Senin (2/5/2016)

Kado Bupati Achmad Syafii di Peringatan Hardiknas 2016

PAMEKASAN (Global News)-Bupati Pamekasan Achmad Syafii mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga pada tahun 2016 ini ada lima siswa  Pamekasan yang berhasil menjadi duta Jawa Timur dalam Olimpiade Sain Nasional (OSN). Lima siswa itu terdiri dari dua siswa SMA, dua siswa SMP dan 1 siswa SD.

Bupati Syafii mengungkapkan hal itu dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016 di lapangan depan Pendopo Ronggosukowati, Senin (2/5/2016). Usai upacara bendera tersebut Bupati Syafii memberikan penghargaan dan melepas secara  resmi lima siswa duta OSN Jatim asal Pamekasan tersebut.

Lima siswa itu, dua siswa SMA atas nama Sabila Cahya, siswa SMAN 3 untuk bidang studi Biologi dan Akhmad Ramadhan Yamin, siswa SMAN 1, untuk mata pelajaran komputer. Lalu dua siswa SMP antara lain Ahnaf Farel Muzakky dari siswa SMPN 1 untuk mata pelajaran matematika  dan Sigma Farah A,  siswa SMPN  2 untuk mata pelajaran IPA. Sedangkan satu dari tingkat SD atas nama Muhammad Nauval Dwi Afandi siswa SDN Pademawu Barat 2.

Achmad Syafii menegaskan keberhasilan siswa asal Pamekasan menjadi duta Jatim dalam OSN tahun ini merupakan kado Pemkab Pamekasan pada Hardiknas tahun 2016 ini. Apalagi, kata dia, Pamekasan merupakan kabupaten yang telah menobatkan diri menjadi kabupaten pendidikan. Dia berharap para duta Pamekasan akan membuahkan hasil gemilang sehingga berprestasi tingkat nasional hingga internasional.

Selain memberikan penghargaan kepada pada siswa pemenang  OSN, Bupati Syafii juga menyerahkan penghargaan pada sejumlah siswa berprestasi lainnya, guru dan bahkan kepada kepala sekolah berprestasi. Penyerahan penghargaan itu diserahkan setelah selesai pelaksanaan upacara bendera pada peringatan Hardiknas tersebut.

“Yang saya sangat bangga juga saat ini telah ada pemerataan prestasi yang dicapai siswa. Ternyata siswa yang berprestasi tidak hanya didominasi siswa asal kota namun juga diraih oleh siswa desa. Karena mereka ternyata memiliki potensi. Contohnya untuk duta OSN tingkat SD justru berasal dari SDN Desa Pademawu Barat 2,” katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan Pamekasan Drs Moh Tarsun mengungkapkan bahwa para duta OSN Jatim asal Pamekasan itu nanti akan mendapat pembinaan secara khusus oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur beberapa hari sebelum berkompetisi secara penuh di OSN Palembang pada tanggal 15 Mei mendatang.

Tarsun mengungkapkan kini juga jadi fokus perhatiannya adalah OSN Guru. Menurutnya kini sudah terpilih sejumlah juara OSN guru bidang studi sain untuk tingkat kabupaten. Mereka masih akan berkompetisi tingkat propinsi dan jika berhasil menjadi peserta terbaik Jatim maka juga akan menjadi duta Jatim ke OSN Guru tingkat nasional.

“Tahun 2015 lalu Pamekasan juga menjadi duta Jatim dalam OSN Guru tingkat nasional. Dan Alhamdulillah berhasil meraih peringkat II nasional atau meraih medali perak, atas nama Taufik guru Fisika SMAN Pademawu. Dan semoga saja pada OSN Guru tahun ini juga akan ada yang berhasil masuk nasional  dan menjadi juara,” harapnya. (mas)