Global-News.co.id
Utama

Donald Trump ‘Telan Ludah Sendiri’ Soal Walikota London

Donald Trum dan Sadiq Khan
Donald Trum dan Sadiq Khan

LONDON (Global News)-Pernah melontarkankan wacana larangan warga musim masuk wilayah Amerika Serikat, calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan Walikota London yang baru terpilih Sadiq Khan akan mendapat “pengecualian” untuk berkunjung ke Amerika Serikat.

Sadiq Khan, wali kota London yang baru, adalah seorang muslim. Khan pernah menyatakan bahwa dia tidak akan bisa mengunjungi AS jika Donald Trump terpilih menjadi presiden, karena bakal kandidat presiden AS dari Partai Republik itu selama ini mengusulkan larangan bagi para Muslim untuk bepergian ke AS.

Namun, menurut Trump, dia akan memberi pengecualian untuk Khan. “Pengecualian akan selalu ada,” kata miliuner tersebut. Dalam keterangan resminya, Trump mengaku dirinya “senang” terpilihnya Khan untuk memimpin London. “Jika dia melakukan tugasnya dengan baik, dan terus terang jika dia melakukan melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, maka hal itu akan menjadi sesuatu yang bagus,” tambahnya.

Trump mengusulkan larangan bagi umat Muslim untuk mengunjungi AS setelah serangan di Paris yang menewaskan 130 orang, tahun lalu.

Larangan yang dia cetuskan tersebut menuai banyak kritik, baik di Amerika Serikat maupun luar negeri. Namun Trump tetap teguh dengan usulannya. Alasan Trump, aturan tersebut diperlukan guna memastikan keamanan di AS.

Sadiq Khan, anak seorang imigran Pakistan, adalah wali kota Muslim pertama di London, setelah mengalahkan saingan terdekatnya dari Partai Konservatif, Zac Goldsmith.

Wali kota baru asal Partai Buruh ini memperoleh suara sebanyak 994.614, dari 1.310.143 pemilih. “Saya ingin pergi ke Amerika untuk bertemu dan bertukar pikiran dengan wali kota-wali kota Amerika,” kata Khan kepada majalah Time. “Namun, jika Donald Trump menjadi presiden, maka saya tidak akan pergi ke sana karena agama saya,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa dirinya “yakin pendekatan politik yang dilakukan Donald Trump ” tidak akan berlaku di Amerika. (bbc/faz)

baca juga :

Petinggi KAMI Ditangkap, Din Syamsuddin Sebut Siapkan Tim Hukum

Redaksi Global News

RSUD dr. Mohamad Soewandhie Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Redaksi Global News

Tarif Listrik 900 VA Tak Naik Hanya Subsidinya Dicabut