Tarif Angkutan di Kota Solo Diperkirakan Tidak Akan Turun

GN/Istimewa

GN/Istimewa

SOLO (Global News)-Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengisyaratkan tidak menurunkan tarif angkutan umum perkotaan, meskipun harga BBM premium dan solar berdasarkan keputusan pemerintah pusat diturunkan mulai 1 April 2016.

Alasan Pemkot Solo  tidak menurunkan tarif angkutan umum tersebut adalah, karena harga BBM selalu berfluktuasi dan tidak mempengaruhi penurunan harga barang lainnya.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, kemungkinan penurunan tarif angkutan turun di Solo sangat kecil. Turunnya harga BBM tidak bisa dijadikan patokan, karena kondisinya selalu naik turun menyesuaikan harga minyak dunia.

“Meski harga BBM turun, tapi harga-harga barang lainnya tidak turun,” ujar walikota pada wartawan, Jumat (1/4/2016).

Dia menegaskan, pihaknya tidak akan berspekulasi menurunkan tarif angkutan. Sebab, kemungkinan harga BBM akan naik lagi, sehingga kalau sekarang tarif diturunkan justru merepotkan banyak pihak.

Meski demikian, pengaruh penurunan harga premium dan solar tetap akan dievaluasi sambil membenahi sistem transportasi di Kota Solo.
Ketua Organda Cabang Solo, Joko Suprapto, menyatakan, pihaknya menunggu instruksi dari Kementrian Perhubungan tentang penurunan tarif angkutan tersebut. Jika nanti tarif diminta turun, Organda Solo juga akan menyesuaikan. Sejauh ini, katanya, Kementerian Perhubungan belum mengeluarkan suart terkait penurunan tarif.

“Pembahasan tarif akan dibahas dan diputuskan bersama Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo,” ujar Joko Suprapto. (tok)