SICF Kukuhkan Solo Destinasi Wisata Kuliner

BBBBBBBBSOLO (Global News)-Keragaman kuliner dengan cita rasa khas Solo yang semakin kaya, menempatkan Kota Solo saat ini sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang dirindukan para wisatawan. Kekayaan khasanah kuliner Kota Solo, untuk ketiga kalinya digelar dalam “Solo Indonesia Culinary Festival” (SICF) 2016 di Benteng Vastenburg, pada 7-10 April 2016.

Ketua Panitia Pelaksana SICF 2016, Daryono, mengungkapkan kepada wartawan, Selasa (4/4/2016), kian berkembangnya ragam kuliner di Kota Solo memberikan kebanggaan besar bagi para pelaku usaha wisata di Kota Bengawan. Terlebih, kini Kota Solo ditetapkan sebagai destinasi wisata kuliner, sehingga hal itu menjadi penyemangat digelarnya event tahunan “Solo Indonesia Culinary Festival 2016″.

“SICF 2016 ini mengambil tema Heritage Culinary. Komitmen itu kita tunjukkan dengan memfasilitasi 20 UKM kuliner tradisional Solo. Dalam SICF 2016 total peserta sebanyak 110 stand,” jelasnya.

Pagelaran SICF 2016 ini, menurut Daryono, jauh lebih semarak karena ada daya tarik berupa pembagian makanan khas Solo, “Tengkleng” dan “Ceker Bakar” gratis. Dalam rangkaian SICF 2016 juga akan ada BUMN Cooking Day yang baru pertama digelar.

Di pagelaran SICF ketiga tahun 2016 ini, panitia pelaksana tetap berpegang pada komitmen menyajikan agenda yang berbeda dari tahun sebelumnya. Dalam menerjemahkan tema culinary heritage, panitia pelaksana membuat sajian lebih beragam, di antaranya berupa kegiatan Chef Festival dan Pameran Alat Masak Tradisional.

“Peserta SICF ketiga ini juga makin luas, karena ada beberapa peserta pameran kuliner tradisional dari beberapa kota seluruh Indonesia. Agenda ini merupakan kerjasama Pemkot Surakarta, Pemprov Jateng dan Kementerian Pariwisata RI. Even tahunan ini akan dihadiri lebih dari 10.000 pengunjung,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Enny Tyasni Susana.

Ketua Panitia Pelaksana SICF 2016, menambahkan, Chef Festival berskala nasional ini baru pertama kali digelar di Kota Solo. Dalam kesempatan ini akan dihadirkan pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo dan dihadiri presiden Indonesia Chef Asociation.(tok)