Pertamina Serahkan Bantuan CSR di Wonokromo Rp 400 Juta

GN/ERFANDI PUTRA Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto (rambut putih) memperhatikan kerja mesin penghancur plastik bantuan dana CSR PT Pertamina yang diserahkan Sabtu (9/4/2016).

GN/ERFANDI PUTRA
Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto (rambut putih) memperhatikan kerja mesin penghancur plastik bantuan dana CSR PT Pertamina yang diserahkan Sabtu (9/4/2016).

SURABAYA (Global News)-PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan dana corporate social responsibility (CSR) sebesar Rp 400 juta kepada warga Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Bantuan dana tersebut merupakan kelanjutan dari sebelumnya di wilayah setempat.

Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto pada penyerahan bantuan, Sabtu kemarin, mengatakan bantuan terdiri dari renovasi gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebesar Rp 299 juta, program lingkungan ditambah sejumlah bantuan pemberdayaan masyarakat senilai Rp 100 juta.

“Dengan bantuan ini diharapkan tidak hanya lingkungan yang semakin hijau, tetapi kami juga mendorong agar masyarakat bisa terus mengembangkan inisiatifnya untuk berinovasi supaya lebih mandiri dan sejahtera,” ucap Dwi di Surabaya.

Dwi menyebutkan, pemberian bantuan renovasi gedung MI di wilayah itu diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, sebab sekolah itu merupakan satu-satunya sekolah di RW 4 Jagir Wonokromo yang didirikan khusus untuk anak-anak tidak mampu.

“Saat ini ada sekitar 74 anak yang bersekolah dengan biaya sekolah Rp25 ribu atau tidak berbayar bagi yang tidak mampu,” katanya.

CSR juga diberikan dalam bentuk pemberian 10 “Gerobak Sejahtera Pertamina” untuk pedagang kaki lima di wilayah setempat, agar tidak menjajakan dagangan dengan meja terbuka di pinggir jalan.

Pertamina juga memberikan modal usaha pencucian motor yang dikelola karang taruna setempat, yang diharapkan bisa mengurangi tingkat pengangguran para pemuda yang ada di kampung tersebut.

Di bidang lingkungan, kata Dwi, Pertamina memberikan sekitar 1.000 tanaman produktif dan pohon lindung untuk dikelola warga sehingga lingkungan menjadi lebih rindang dan nyaman.

Menanggapi bantuan itu, salah satu penerima CSR, Tina mengaku senang, sebab gorengan dagangannya bisa lebih bersih dan rapi, karena adanya gerobak bantuan dari Pertamina. fan