Liga Spanyol Semakin Sengit!

websiteBARCELONA (Global News)–Tidak ada kompetisi Eropa sesengit La Liga Spanyol musim ini. Barcelona, Atletico dan Real Madrid bersaing ketat menjadi juara.

Dengan lima sisa pertandingan dan poin yang berhasil dikantongi, ketiga tim penghuni papan atas La Liga ini tetap memiliki peluang yang sama besar.

Dalam pekan ini, ketiga tim akan bermain dua kali. Barcelona yang Kamis (21/4/2016) bertandang ke kandang Deportivo La Coruna, akan melayani Sporting Gijon di stadion Camp Nou, pukul 01.30 WIB, Minggu (23/4/2016).

Begitupula Atletico Madrid yang berhasil menyingkirkan Barcelona di perempatfinal Liga Champions, bermain di markas Atletic Bilbao, Kamis (21/4/2016), dan menghadapi Malaga, Sabtu (23/4/2016).

Sedangkan Real Madrid yang menjamu Villareal, Kamis (21/4/2016), giliran bermain di kandang Rayo Vallecano, Sabtu (23/4/2016).

Dengan perolehan poin yang sangat rapat, bukan tidak mungkin Barcelona yang sudah memimpin selama berminggu-minggu, bakal tergeser dari posisi puncak klasemen jika tim besutan Luis Enrique kembali tersandung.

Barcelona telah menyia-nyiakan keunggulan jauh di puncak klasemen dengan empat pertandingan beruntun tanpa kemenangan. Karena itu, tidak ada pilihan selain memenangkan lima pertandingan sisa di La Liga. Kemenangan pun juga menjadi harga mati bagi Atletico Madrid yang harus membagi konsentrasinya di La Liga di ajang Liga Champions. Jelas tak mau kalah adalah Real Madrid yang sama dengan Atletico sama-sama lolos ke semifinal Liga Champions.

Satu-satunya wakil Spanyol yang tidak lagi diributkan dengan urusan bermain di ajang Eropa adalah Barcelona. Lionel Messi dan kawan-kawan akan bisa fokus mempertahankan gelar juara La Liga. Tentu saja kesempatan ini tidak akan disia-siakan Barcelona yang belakangan tampil negatif.antoine-griezmann

Satu-satunya persoalan yang saat ini tengah dihadapi El Barca adalah kepercayaan diri sendiri yang terpengaruh hasil beberapa laga terakhir. Tentu saja ini tidak mudah bagi Barca mendapatkan kembali kepercayaan diri. “Menang selalu sulit apalagi dalam situasi kami sekarang,” ujar Luis Enrique. Namun mantan pemain Barcelona ini memastikan timnya membidik tiga angka demi menjaga posisi puncak dari kejaran Atletico Madrid – yang hanya kalah rekor head-to-head – atau Real Madrid, yang defisit satu poin dari juara bertahan tersebut.

Sama halnya dengan Luis Enrique, Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone dan Pelatih Real Madrid Zinedine Zidan terus meminta agar anak buahnya untuk fokus raih tiga poin di sisa laga tanpa memedulikan hasil para pesaing.

Sekadar diketahui, Barcelona dan Atletico mengantongi nilai yang sama. Namun Atletico menempti posisi kedua dan diikuti Madrid di peringkat ketiga. Posisi ini bakal berubah dalam minggu ini. Kalau Barcelona melanjutkan trend buruk, baik Atletico maupun Madrid bakal bisa mengkudeta Barcelona. (faz)