Ribuan Unggas Diduga Terjangkit Flu Burung Dimusnahkan

GN/Ilustrasi Petugas sedang memusnahkan unggas yang diduga terjangkiti virus flu burung.

LAMONGAN (Global News)- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengungkapkan adanya ribuan ternak unggas di Banyuwangi dan Lamongan yang diduga terjangkit virus flu burung saat ini sudah dimusnahkan untuk mencegah penularan virus.

“Ternak yang terjangkit virus flu burung ini kebanyakan di peternakan rakyat, bukan di peternakan swasta,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul.

Menurut suami Fatma Saifullah Yusuf ini, sebanyak 1.500 ternak unggas di Banyuwangi dan 750 ekor di Lamongan sudah dimusnahkan dengan cara dibakar.

Gus Ipul mengatakan diduga terjangkiti flu burung ini disebabkan tidak divaksinasinya hewan ternak saat musim hujan tiba. “Karena hewan ternak yang tidak divaksinasi saat musim hujan menyebabkan timbul potensi besar unggas terjangkit virus flu burung,” ujar dia.

Beberapa upaya yang sudah dilakukan Dinas Kesehatan setempat, lanjut dia, diantaranya mengeliminasi ternak yang terjangkit virus, melakukan penyemprotan dan vaksinasi pada hewan ternak. “Alhamdulillah virus flu burung ini tidak sampai menular pada manusia,” katanya.

Selain itu, Pemprov Jatim juga tetap waspada dan mengikuti dengan cermat terkait perkembangan penularan virus flu burung ini. “Kami juga menyiapkan Rumah Sakit khusus untuk penanganan virus flu burung di lokasi setempat,” katanya. (ssn/zis)