KPPT Pamekasan Launching Aplikasi Android Program POINT

GN/Masdawi Dahlan Aplikasi android program Pamekasan Open Investment (POINT) dan Kepala KPPT Moh Amin

GN/Masdawi Dahlan
Aplikasi POINT dan Kepala KPPT Moh Amin

PAMEKMoh Amin KPPTASAN (Global News)-Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Pamekasan, mulai 2016 ini, membuat gebrakan kreatif dalam implementasi program Pamekasan Open Investment (POINT). Gebrakan itu dengan dioperasikannya aplikasi android berisi informasi atau data tentang segala yang berkaitan dengan potensi, lokasi dan proses berinvestasi di Kabupaten Pamekasan.

Program ini dibuat sebagai acuan bagi para calon investor dalam menananamkan investasi. Melalui aplikasi ini, calon investor akan mendapatkan informasi lengkap segala hal berkaitan dengan peluang, potensi, lokasi dan proses yang mudah dan cepat dalam berinvestasi di Pamekasan.

Kepala KPPT Kabupaten Pamekasan Drs Moh Amin mengatakan latar belakang dibuatnya aplikasi android Point yang bisa diakses melalui smartphone ini berawal dari kebijakan pemerintah pusat yang meminta agar setiap daerah membuka diri terhadap peluang investasi dengan menyediakan informasi yang cukup dan mendetil tentang potensi daerah. “Ini dilakukan dalam rangka menarik investasi ke daerah,” ujar Moh. Amin.

Aplikasi tersebut juga bisa memudahkan calon investor untuk mengetahui cara agar mereka bisa dengan mudah mengurus dan memperoleh perizinan yang diperlukan untuk kepentingan usaha mereka di Pamekasan, melalui pendaftaran izin secara online tanpa bertatap muka dengan petugas perizinan.

“Dengan model seperti ini akan mengurangi interaksi dengan pihak pihak yang mungkin bisa melakukan tindakan percaloan, sehingga perizinannya akan bisa dilakukan atau diproses secara mudah dan transparan atau dengan kata lain nanti kita akan lakukan perubahan model pelayanan birokasi yang akan lebih mudah singkat, tepat dan transparan. Insya Allah ini akan menjadi satu satunya di Jawa Timur,” ungkap Amin.

Secara teknis, kata Amien, bagi kalangan calon investor untuk mengetahui aplikasi program ini bisa diunduh pada Google Play Store, dengan mengetik nama Pamekasan pada kolom pencarian. Kemudian pilih aplikasi POINT yang tertera pada layar smartphone berbasis android. Lalu klik pasang dan buka, calon investor dapat memilih potensi mana yang diinginkan di Pamekasan yang terintegrasi dengan pendaftaran perizinan online pada kolom KPPT dalam aplikasi tersebut.

Program ini, lanjut Amin, sudah mulai dijalankan secara efektif sejak Janurai lalu. Dan dalam pengembangannya ke depan juga akan diupayakan terintegrasi dengan perizinan online di tiap kecamatan. Juga nanti dalam aplikasi android ini juga akan dilengkapi dengan video potensi daerah Pamekasan sehingga akan makin memudahkan dan memantapkan calon investor mengenal Pamekasan. (mas)