Borong Juara OSK, SMAN 1 Pamekasan Bertekad Kembali Raih Juara Internasional

GN/MASDAWI DAHLAN Drs Moh Tarsun MSi (kiri) dan Dra Hj Farida MSi (kanan)

GN/MASDAWI DAHLAN
Drs Moh Tarsun MSi (kiri) dan Dra Hj Farida MSi (kanan)

PAMEKASAN (Global News)-SMAN 1 Pamekasan tetap tak terkalahkan. Kini SMAN favorit di bumi Gerbang Salam itu kembali memborong juara pada Olimpiade Sain tingkat Kabupaten (OSK) tahun 2016. Dalam OSK ini ada 9 mata pelajaran yang dilombakan, dan tiap mata pelajaran diambil 3 juara. Dari 27 juara yang terpilih 19 di antaranya berasal dari siswa SMAN 1 Pamekasan.

OSK di Pamekasan tahun 2016 ini digelar pada tanggal 18 Februari lalu. Ada 9 mata pelajaran yang dilombakan yang masuk katagori bidang studi sain yakni mata pelajaran matematika, fisika, kimia, komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian dan yang terakhir adalah mata pelajaran geografi.
Yang menarik para siswa SMAN 1 Pamekasan ini tidak hanya dari segi jumlah juara yang unggul, namun juga dari posisi atau peringkat. Para siswa SMAN 1 Pamekasan itu berhasil meraih juara puncak pada tiap mata pelajaran. Hampir mayoritas mata pelajaran yang dilombakan, siswa SMAN 1 Pamekasan berhasil meraih juara puncak yakni juara 1 dan 2.

Bahkan ada sejumlah mata pelajaran yang juara pertama hingga juara 3 semuanya disabet oleh siswa SMAN 1 Pamekasan. Di antara mata pelajaran yang juara pertama hingga juara terakhir diraih oleh siswa SMAN 1 adalah mata pelajaran fisika dan mata pelajaran kebumian.

Dalam event tahunan ini, ternyata ada dua orang siswa SMPN yang juga berhasil meraih juara. Kedua siswa itu bernama Salman Damai Al Fariq juara III untuk mata pelajaran komputer dan Aditia Rusli Maulana juara III untuk mata pelajaran biologi. Keduanya merupakan siswa SMPN 2 Pamekasan. Dalam lomba OSK tingkat SLTA ini juga diperbolehkan siswa SMP mengikutinya.

Kepala SMAN 1 Pamekasan Dra Hj Faridah mengaku senang atas prestasi yang diraih oleh anak didiknya. Namun dia mengaku masih memiliki keinginan yang lebih tinggi agar anak didiknya itu bisa terus bertahan menjadi juara hingga tingkat nasional dan internasional, sebagaimana pernah diraih oleh para siswa SMAN 1 Pamekasan pada tahun tahun sebelumnya.

“Kami bangsa dan bersyukur, namun kita tetap berharap agar nanti anak anak itu berhasil meraih juara yang lebih tinggi lagi hingga tingkat nasional dan internasional. Karena itu kami minta dukungan semua pihak. Pihak Diknas juga telah banyak berjuang untuk itu. Kepada para orangtua kami juga minta dukungan penuh agar anak anak didik kita tidak aga gangguan selama mempersiapkan dan mengikuti lomba,” katanya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan Drs Moh Tarsun MSi mengatakan pihaknya berupaya serius untuk melakukan pembinaan bagi para siswa pemenang OSK itu sebelum mengikuti lomba olimpiade sain ingkat propinsi (OSP) yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-24 Maret mendatang di Surabaya.

“Pembinaan dilakukan dengan matang oleh tim instruktur yang terplih. Ada yang dilakukan di pusdiklat sain yang kita miliki dan juga ada yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah sekolah. Akan tetapi semuanya itu difasilitasi dan dipantau oleh dinas pendidikan. Semoga saja nanti akan membuahkan hasil yang maksimal, “ katanya.(mas)