Petani Kediri Tanam Padi Manfaatkan Teknologi Transplanter

 

GN/FB PENDIM KEDIRI Petani mengoperasikan mesin transplanter yang sudah disosialisasikan di pedesaan.

GN/FB PENDIM KEDIRI
Petani mengoperasikan mesin transplanter yang sudah disosialisasikan di pedesaan.

KEDIRI (Global News)-Kelompok tani di Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri diperkenalkan dengan sentuhan teknologi dunia pertanian. Mereka memanfaatkan teknologi transplanter yang sudah mulai digalakkan di pedesaan.

Dengan bantuan tim dari Koramil Kandangan, kelompok tani ‘belajar’ mengoperasikan mesin transplanter.

“Keberadaan transplanter ini sudah kita sosialisasikan di desa-desa ,khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Kandangan. Penggunaannya sendiri kita berikan toleransi dan kebebasan ,tapi catatan, jangan sembarangan dan asal-asalan dalam penggunaannya,” kata Danramil Kandangan Kapten Czi Kustoyo, Selasa (16/2/2016).

Diakui, keberadaan transplanter ini cukup efektif dan efisien dalam mempercepat penanaman padi, dibanding dengan cara manual.

“Dampak dari adanya transplanter jelas tentu ada, dari dampak positifnya tentu penanaman padi lebih cepat, sedangkan dampak negatif, sudah jelas berpengaruh pada tenaga kerja yang berkurang secara drastic,” ungkap Kustoyo.

Di samping penggunaan transplanter secara bebas oleh kelompok tani yang ada di Kecamatan Kandangan, Koramil 15 Kandangan juga mendata hasil target dan pencapaian luas areal pertanian yang menggunakan alat bantu transplanter ini.

Selain itu, setiap kelompok tani yang menggunakannya, dimintai data dan keterangan. Tujuannya sebagai pembanding antara penanaman padi secara manual dan menggunakan alat bantu transplanter. (zis)