Pep Manajer City, MU Bakal Gaet Mou?

Pep-Guardiola-Jose-MourinhoLONDON (Global News)–Pep Guardiola resmi menjadi manajer Manchester City mulai putaran Liga Premier tahun depan. Kehadiran mantan arsitek Bayern Muenchen dan Barcelona ini menjadi sorotan para manajer klub-klub Liga Primer lainnya.

Kesuksesannya bersama Barcelona di Spanyol dan Bayern Munich di Jerman diyakini akan berlanjut di Inggris. Bersama Barca ia memenangkan belasan gelar baik di La Liga, Eropa, maupun dunia. Bersama Munich, ia belum terkalahkan di Jerman. Mereka yang optimistis yakin, di Inggris prestasi yang sama akan bisa dicapai Guardiola bersama City.

Tetapi menurut Guus Hiddink, pelatih gaek yang saat ini menjadi manajer sementara Chelsea, di Liga Primer Inggris Guardiola akan menemukan tantangan yang sebenarnya. Pelatih asal Belanda itu pesimistis Guardiola akan berhasil di Inggris.

“Ia akan merasakannya di Inggris, di liga yang tak mempunyai tim favorit seperti Spanyol dengan Barcelona dan Real Madrid. Sementara Jerman adalah satu-satunya liga yang juaranya sudah diketahui sejak September,” ujar dia. “Inggris akan berbeda, tetapi bagi dia akan lebih menarik,” tutup Hiddink.

Berbeda dengan Hiddink, Pelatih Liverpool Jurgen Klopp yang sempat menjadi rival Guardiola di musim lalu di Bundesliga, mengaku tak memiliki kata-kata untuk membantu Guardiola memahami kompetisi di Liga Primer Inggris. “Ia sempat menangani dua tim besar dan sekarang ia akan menjalankan tugasnya di Manchester City.

Pep memenangi semuanya di Spanyol, juga nyaris semuanya di Jerma, jadi saya pikir ia ingin memenangi banyak kejuaraan di Inggris, itu sudah jelas,” komentar Kopp.

Kehadiran Pep Guardiola musim depan diyakini akan membuat Manchester City lebih kuat. Tentu saja ini berita buruk bagi klub jawara seperti Manchester United, klub tetangga The City. Eks pemain Liverpool, Stan Collymore pun membayangkan, pelatih Louis van Gaal mau pun Ryan Giggs, asisten Van Gaal, bakal susah menandingi permainan Pep Guardiola.

“Guardiola adalah salah satu pria yang memiliki obsesi paling besar yang pernah saya temui. Dia memiliki kemampuan untuk menyampaikan apa yang ada di pikirannya,” ujar Stan Collymore, sebagaimana dikabarkan Daily Mirror, Selasa (2/2/2016). “Sementara itu, Giggs jauh lebih pendiam. Tidak sekali pun dalam benak saya berpikir dia akan menjadi manajer yang luar biasa suatu saat nanti,” imbuh pria berusia 45 tahun tersebut.

Menurut Stan Collymore, cuma Jose Mourinho yang dapat menyaingi permainan Pep Guardiola. Hal tersebut telah dibuktikan ketika keduanya bertanding di La Liga, ketika Pep Guardiola bersama Barcelona dan Jose Mourinho bersama Real Madrid. “Mourinho dan Guardiola memiliki pencapaian yang serupa, Mou sudah banyak meraih hal yang lebih beragam (dibanding Guardiola),” terang eks pemain Timnas Inggris itu.

Jose Mourinho sebelumnya sempat dikabarkan diam-diam melamar ke Manchester United (MU). Eks manajer Chelsea itu beritanya mengirim surat ke Old Trafford untuk mempromosikan dirinya. Dikutip Independent, surat lamaran pelatih akrab disapa Mou itu terdiri dari enam halaman. Isinya amat detail mulai rencana untuk

Manchester United sampai keputusan yang bakal dibikin kalau dia jadi melatih Wayne Rooney dan teman-teman. Namun kabar itu dibantah oleh agen Jose Mourinho, Jorge Mendes.
Mantan pelatih Real Madrid yang sedang berada di Wembley untuk mendukung Gianni Infantino yang berjuang menjadi presiden baru FIFA, Selasa, hanya menggelengkan kepala saat ditanya soal kemungkinannya bergabung ke MU dan bergabung Pep Guardiola di City.

Seperti diberitakan, teka-teki ke mana Pep Guardiola akan melangkah musim depan akhirnya terjawab. Mantan arsitek Barcelona tersebut dipastikan akan menukangi Manchester City dengan kontrak selama tiga tahun.

Kedatangan Guardiola ke Etihad Stadium tentu menggusur Manuel Pellegrini, pelatih yang berjasa mengantarkan tim meraih satu gelar Liga Primer Inggris itu akan hengkang dari klub pada akhir Juni mendatang.

“Manchester City memastikan bahwa dalam beberapa pekan terakhir telah berjalan dan dituntaskan negosiasi kontrak dengan Pep Guardiola untuk menjadi pelatih klub untuk musim 2016/17 dan seterusnya,” tulis pernyataan resmi The Citizens. (zis)