Gempa Guncang Kota Tertua di Taiwan

BBC Gempa dengan kekuatan 6,4 pada skala Richter telah merubuhkan gedung-gedung dan menewaskan sedikitnya tiga orang di Kota Tainan

BBC
Gempa dengan kekuatan 6,4 pada skala Richter telah merubuhkan gedung-gedung dan menewaskan sedikitnya tiga orang di Kota Tainan

TAIPEI (Global News)-Gempa berkekuatan 6,4 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah selatan Taiwan, Sabtu (6/2/2016), mengakibatkan gedung-gedung roboh di Kota Tainan, kota tertua di Taiwan yang kaya peninggalan bersejarah. Tainan juga merupakan ibukota pemerintahan Taiwan pada zaman Dinasti Qing sampai pada tahun 1895 sewaktu Jepang memindahkan pusat pemerintahan ke Kota Taipei di utara

Belum diketahui jumlah korban jiwa, namun data awal sedikitnya tiga orang tewas, satu di antaranya bayi. Sejumlah regu penyelamat dikerahkan berupaya menjangkau warga yang terperangkap di antara reruntuhan gedung. Berkat upaya tersebut, lebih dari 220 orang terselamatkan.
Kantor berita resmi Taiwan menyebutkan setidaknya 23 orang mengalami cedera di dalam salah satu rumah susun. Gedung itu menampung setidaknya 200 orang di dalam 60 unit.

Mengutip BBC, seorang warga bernama Emma mengaku dirinya dan khalayak umum khawatir dengan gempa susulan. “Saya merasakan getarannya, mengerikan,” ujarnya.
Irving Chu yang berada di dalam sebuah hostel di tengah Kota Tainan mengatakan terbangun oleh getaran selama 40 detik. “Getarannya begitu dahsyat. Seluruh kamar bergetar. Kami kemudian berpegangan pada benda-benda sekitar,” ujar Chu.

Sedemikian kuat gempa itu, Barry Knapp, seorang warga Inggris yang berada 240 kilometer sebelah utara Kota Tainan, merasakan getaran. “Saya sedang berada di ranjang dan bakal terlelap, tapi getarannya mulai berlangsung,” kata Knapp seperti diberitakan BBC Radio 5 Live.

Gempa itu terjadi saat warga Taiwan sedang bersiap menyambut Tahun Baru Imlek. “Minggu adalah Tahun Baru Imlek. Orang-orang bersiap merayakan dan kini sekian banyak orang akan menjadi tunawisma,” kata Jay Chen, salah seorang jurnalis setempat seperti dilansir BBC.

Gempa di Tainan dirasakan warga ibu kota Taiwan, Taipei, yang berjarak 300 kilometer. Sejak itu, ada sejumlah getaran susulan. Bencana gempa beberapa kali terjadi di Taiwan. Pada 1999, gempa berkekuatan 7,6 pada skala Richter yang berpusat di Taiwan bagian tengah menewaskan lebih dari 2.300 orang. (bbc/zis)
.