Ekspos Seni “Bumi Kerajaan Jenggolo”

pawai budaya-3

GN Salah satu peserta pawai yang tampil dengan kostum bernuansa kerajaan.

SIDOARJO (Global News)-Pawai budaya penanda puncak peringatan HUT Sidoarjo ke-157 telah digelar Minggu (21/2/2016).

Kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun tersebut seolah membawa kembali pada nuansa Kerajaan Jenggolo yang diyakini lokasinya berada di Kabupaten Sidoarjo.
Aneka ragam pernak-pernik menghias kendaraan kereta kencana para peserta pawai budaya.

Di atas kereta kencana, berdiri sosok pria tampan nan gagah dan wanita cantik jelita. Mereka mengenakan kostum yang menggambarkan nuansa khas kerajaan Jenggolo.
Pawai budaya yang bertajuk “Sidoarjo Exotic Festival” tersebut memang membawa kembali nuansa kerajaan Jenggolo yang pernah di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Nyaris semua 51 peserta yang terdiri dari perwakilan SKPD, BUMD, kecamatan, membawa tema yang senada. Perlu diketahui selain itu, juga ikut menyemarakkan sejumlah instasi seperti drumband AAL dan beberapa alat utama sistim pertahanan (Alutsista) seperti tank marinir.
Tak sekadar nuansa kerajaan Jenggolo, sejumlah kesenian khas Sidoarjo seperti tari batik, tari Walang Sangit dan berbagai tarian tradisional peninggalan masa lalu juga ikut ditampilkan.
Gawe pemkab tersebut seolah menjadi ‘pesta’ pasangan Bupati Saiful Illah dan Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin yang beberapa hari sebelumnya, Rabu (17/2/2106) resmi dilantik sebagai orang nomor satu dan kedua di pemkab Sidoarjo.
Bupati Saiful Illah, dalam sambutannya, berharap semua SKPD dan kecamatan yang mempunyai tonggak sejarah Kab Sidoarjo bisa dimunculkan dalam pawai-pawai berikutnya yang direncanakan menjadi salah satu pemikat wisata Kabupaten Sidoarjo.
”Makanya dukungan masyarakat sangat kami diharapkan. Karena kami menyadari tak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari masyarakat,” ujar Saiful Ilah.
Tentang kentalnya nuansa kerajaan dalam pawai, Sekretaris Disporabudpar Mulyadi mengatakan, salah satu tujuan utama pawai adalah mengeksplor sejarah dan kebudayaan di kecamatan-kecamatan yang ada di Sidoarjo. ”Juga memotivasi para pelaku seni agar lebih bergairah untuk menciptan ide-ide kreatif dan inovasinya dalam menggerakan seni budaya di Kab Sidoarjo,” jelas Mulyadi. faz