Disdik Sidoarjo Imbau Siswa Tak Rayakan Valentine

Siswa Tolak Rayakan ValentineSIDOARJO (Global News)-Dinas Pendidikan (Disdik) Sidoarjo kembali mengimbau siswa ada di kabupaten setempat untuk tidak turut serta dalam merayakan perayaan hari kasih sayang atau Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sidoarjo, Mustain Baladan mengatakan, imbauan tersebut dilakukan karena perayaan hari kasih sayang ini tidak sesuai dengan kebudayaan orang Indonesia.

“Imbauan ini dikeluarkan karena perayaan hari kasih sayang tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia. Dan saya sudah membuat surat edaran terkait dengan hal ini,” katanya saat dikonfirmasi.

Ia mengemukakan, sudah dua tahun ini imbauan perayaan hari kasih sayang tersebut dikeluarkan oleh Disdik Sidoarjo kepada masing-masing siswa. “Dan hasilnya pada tahun sebelumnya, tidak ada laporan terkait perayaan tersebut, baik itu di sekolah negeri atau juga sekolah swasta,” ucapnya.

Ia beranggapan, hari kasih sayang tersebut sebenarnya bisa diimplementasikan pada hari-hari yang lainnya sehingga tidak perlu dilakukan pada peringatan tertentu.

“Hal itu juga bisa diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada di sekolah-sekolah terkait dengan pelaksanaan kasih sayang itu sendiri seperti apa,” tuturnya.

Ia mengatakan, dengan adanya imbauan ini para siswa diharapkan mampu mematuhi dan melaksanakan dengan baik mengingat perayaan hari kasih sayang ini sangat berbeda dengan kebudayaan yang ada.

“Kami berharap para siswa bisa mematuhi dan tidak merayakan hari kasih saya yang cenderung mengekspresikan diri dengan hari kebebasan,” katanya.

Ia sendiri mengaku tidak ada hukuman atau tindakan khusus jika memang ada siswa yang secara sembunyi-sembunyi melaksanakan kegiatan hari kasih sayang ini.

“Kami tidak bisa memberikan tindakan atau hukuman, karena ini bersifat imbauan. Namun demikian kami meminta kepada masing-masing sekolah untuk memperhatikan surat edaran ini,” imbuhnya. (ant/zis)