Daud Yordan Taklukkan Yoshitaka Kato

Daud Yordan vs KatoJAKARTA (Global News)-Petinju Kelas Ringan Indonesia Daud Yordan sukses menaklukkan petinju Jepang Yoshitaka Kato dalam pertandingan yang berlangsung di Balai Sarbini Jakarta, Jumat (5/2/2016) malam.

Daud dinyatakan menang angka dalam laga memperebutkan sabuk juara dunia kelas ringan (61,2 kg) World Boxing Organization (WBO) Asia-Pacific dan Africa. Wasit Nus Ririhena memutuskan kemenangan bagi Daud Yordan melalui Techinal Anonymous Decision dengan perolehan angka 88-84, 97-84, dan 88-83.

Wasit yang berasal dari Ambon itu terpaksa menghentikan pertandingan akibat luka terbuka yang dialami Daud di bagian pelipis dinilai membahayakan dan harus mendapat penanganan medis segera.
Selama pertandingan yang berlangsung hingga sembilan ronde itu, terlihat kedua petinju kerap melayangkan serangan kuat maupun posisi bertahan di atas ring.

Tensi pertarungan segera meningkat pada ronde kedua, di mana Daud terlihat melayangkan serangkan ke perut Kato, sebagaimana yang sudah dikatakan Daud sebelumnya sebagai bentuk strategi mengalahkan Kato.

Pertarungan semakin keras ketika menjelang akhir ronde dua Kato beberapa kali sempat memojokkan Daud sehingga memaksa petinju yang kerap dikenal sebagai Cino itu memasang posisi bertahan.
Ritme pertarungan yang cepat disertai pukulan-pukulan kuat dari kedua petinju masih terlihat hingga ronde ke sembilan, bahkan terlihat kondisi fisik keduanya masih cukup prima untuk melanjutkan pertarungan hingga ronde selanjutnya.

Seusai pertandingan, Daud sempat menyampaikan sejumlah kesannya terhadap pertandingan yang berlangsung cukup seru itu.
“Terima kasih pada masyarakat Indonesia karena sudah mendukung saya. Walaupun kesulitan, tapi kita harus bersyukur karena hari ini bendera Indonesia masih tetap berkibar,” ujar Daud.

Sementara itu, Petinju Jepang, Yoshitaka Kato, menerima kekalahannya. “Hasil tersebut sangat adil. Daud pantas menerima kemenangan itu,” kata Kato di ruang ganti selepas laga. Kato menampik dirinya sengaja membenturkan kepala pada Daud. “Benturan itu murni kecelakaan. Petarungan ini berjalan sangat menarik,” ujar Kato.(ant/zis)