Bosan Road Running? Sesekali Coba Trail Running!

 

GN/F. Al Aziz Penyelenggara menyediakan kelengkapan untuk peserta trail running di kawasan Pandaan, 3 April 2016.

GN/F. Al Aziz
Penyelenggara menyediakan kelengkapan untuk peserta trail running di kawasan Pandaan, 3 April 2016.

SURABAYA (Global News)-Anda hobi lari tapi bosan dengan suasana yang itu-itu saja? Mengapa tidak mencoba Zinc Trail Run? Sambil berlari, kita bisa menikmati pemandangan dan segarnya suasana pegunungan di The Pines Camping Ground, Taman Dayu, Pandaan, 3 April 2016.

Min Lai sebagai race management trail running yang pelaksanaannya baru kedua kalinya setelah tahun lalu di Bandung ini, menjamin peserta bakal disuguhi pengalaman yang mengesankan. “Untuk trail running ini perlu perlengkapan standard dan akan berbeda dengan road running seperti pakaian lari dan sepatu yang memadai,” ujar Hash Master Komunitas Asri Hash House Harrier (HHH) Surabaya ini.

Pihak Panitia Penyelenggara, Lilik Sianto, dalam keterangannya pada media di Lenmarc Mall Surabaya, Jumat (26/2/2016), trail running dijadwalkan digelar selain di Pandaan, juga akan diadakan di Bali.

Peserta trail running nanti akan menempuh jarak 12 kilometer. “Dilaksanakan mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Kami yakin, peserta akan merasakan aroma kesejukan alam Taman Dayu Pandaan. Peserta juga mendapatkan pengalaman yang berbeda dari trail running di tempat lainnya,” ujar Manager Marketing Support Wings Surya Surabaya ini.

Seperti marathon, Lilik mengatakan peserta trail running kali ini dibatasi 1000 peserta dengan 2 kategori pria dan wanita yang berusia diatas 12 tahun. Bagi peminat, kata Lilik, cukup melakukan registrasi online lewat website www.amazinctrailrun.com dan membayar biaya pendaftaran Rp 150 ribu, terakhir 31 Maret. “Setiap peserta akan mendapat race pack yang berisi jersey, running bag, water bladder, wistle, manual book, masker, shampoo dank upon doorprize,” ujar Lilik.

Sementara itu, Agus Gianto, Perwakilan dari Lion produsen Zinc Shampoo, mengatakan Zinc Trail Run 2016 lomba lari 12 km yang dilakukan di pegunungan yang melewati jalan bebatuan, jalan menanjak, padang ilalang dan hutan pinus.

Menurut Agus Gianto, selain brand awareness produk, juga memberi wadah bagi para pehobi trail running untuk meningkatkan kemampuannya dalam berlari. “Zinc Trail Run 2016 ini berhadiah uang tunai untuk 3 juara pada masing-masing kategori,” ujar Agus Gianto. Untuk juara I Kategori Pria Rp 10 juta; juara II Rp 5 juta; juara III Rp 3 juta. Nilai hadiah bagi Kategori Wanita juga sama.

Tak ketinggalan komunitas lari Indorunners juga akan ikut serta. Salah satu pelari dari komunitas tersebut, Reza Ferdian menjelaskan trail running sama halnya dengan lari di jalan raya seperti yang selama ini dilakukan. Hanya saja, bedanya trail running itu berlari di jalur hiking di pegunungan, jalur setapak, perbukitan, atau jalur trail lainnya. “Trail running selain membuat badan anda sehat karena berlari di tengah udara nan sejuk di pegunungan jauh dari polusi kota, juga bisa dijadikan salah satu cara baru dalam menjelajah di era baru penjelajahan khususnya di Indonesia yang kaya akan wisata alamnya, ungkap Reza.

Tidak lupa Min Lai mengatakan ada enam langkah bagi peserta, khususnya pemula yang harus diperhatikan. Seperti temukan lokasi trail running, pelan-pelan dan berjalan cepat, jangan malu berjalan saat di tanjakan terjal, jaga jarak dengan pelari lain di depan dan berhati-hati dengan kondisi batu yang licin. “Kami sarankan peserta memakai sepatu trail running karena akan berfungsi lebih baik. Selain itu tas untuk membawa water bladder, jaket, snack, dan perintilan trail running lainnya dan tidak kalah penting bawa simple first air kits,” pesan Min Lai. (faz)