Syukuri Hasil Bumi, Warga Gelar Rokat Dhisa

ROKAT DHISA kecil

GN/IST ROKAT DHISA: Sejumlah warga dan tokoh masyarakat setempat saat menggelar Rokat Dhisa yang difasilitasi oleh Disbudparpora Sampang, beberapa waktu lalu.

SAMPANG (Global News)- Upacara Rokat Dhisa, atau dalam bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai sedekah bumi, merupakan kebudayaan adat istiadat yang terjadi secara turun temurun di sebuah desa. Hal ini menunjukkan perhatian masyarakat setempat, terhadap desanya sebagai bentuk untuk mensyukuri agar desanya tetap makmur, pertanian subur, tentram, aman dan mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Menyelenggarakan Rokat Dhisa bagi masyarakat Desa Napo Laok, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, merupakan bentuk dalam melestarikan kebudayaan adat yang turun menurun, serta untuk menghormati sesepuh pendahulu mereka. Kegiatan kebudayaan tersebut digelar dalam suasana bulan Maulud Nabi Muhammad SAW. Tepatnya pada tanggal 27 Desember 2015 lalu.

Rokat Dhisa dimaksud digelar di komplek makam leluhur (Bhuju’, Madura-Red) Napo yang dikeramatkan warga desa setempat. Upacara Rokat Dhisa pada dasarnya untuk meminta perlindungan pada roh-roh leluhur nenek moyang mereka. Dengan tujuan agar pendudukan desa selamat dan terhindar dari segala musibah marabahaya, dan hasil pertanian mereka melimpah ruwah.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Sampang melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan A.G Wadud, Rokat Dhisa tersebut, merupakan kegiatan masyarakat dalam melestarikan budaya yang sudah turun temurun, sebagai bentuk mensyukuri hasil bumi dan mendoakan agar hasil pertanian musim berikutnya tetap melimpah.

“Kami sangat mendukung kegiatan masyarakat dalam melestarikan kebudayaan adat istiadat mereka. Salah satunya seperti kegiatan Rokat Tase’ yang dihgelar di Desa Napo Laok, Kecamatan Omben ini. Dalam kegiatan tersebut semua hasil bumi, yakni yang berasal dari panen pertanian maupun perkebunan warga setempat disajikan dalam upacara kebudayaan ini,” tukasnya. * msa/adv