Peringati HPN 2016, PWI Jatim Gelar Piala Prapanca

SURABAYA (Global News)–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur kembali mengundang para wartawan baik dari media cetak, televisi, radio, dan online di Jawa Timur untuk mengikuti lomba karya tulis jurnalistik dan foto jurnalistik Piala Prapanca 2016.
Kegiatan lomba karya jurnalistik yang sudah rutin digelar PWI Jatim ini untuk memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI Ke-70 tahun 2016. HPN diperingati setiap tanggal 9 Februari dan untuk tahun 2016 ini, secara nasional, HPN dipusatkan di Mataram Nusa Tenggara Barat.
“Kami mengajak para wartawan ikut menggunakan momentum HPN 2016 ini untuk berkompetisi melalui lomba karya jurnalistik. Saya yakin, banyak karya jurnalistik dari para wartawan yang layak diikutkan dalam lomba ini. Piala Prapanca adalah piala bergensi dalam karya tulis di Jawa Timur,” kata Ketua PWI Cabang Jatim Akhmad Munir , kemarin.
Munir menjelaskan, peserta lomba karya tulis ini tidak hanya dari wartawan yang tergabung dalam PWI Jatim, tapi bisa berasal dari organisasi wartawan lainnya. Namun, ada syarat khusus yaitu media tempat wartawan bekerja harus sudah berbadan hukum sesuai yang disyaratkan Dewan Pers.
“Karya jurnalistik yang dilombakan meliputi karya tulis, karya foto, karya siar televisi dan karya siar radio,” ujar Munir.
Secara teknis, karya tulis, karya foto, karya siar televisi dan karya siar radio adalah karya yang sudah dimuat di medianya masing-masing pada periode 1 Januari–31 Desember 2015. “Untuk mengikuti lomba Piala Prapanca ini peserta bisa atas nama perorangan dan atas nama tim. Sedangkan karya yang diikutkan dalam lomba ini maksimal 3 judul. Kami menunggu karya-karya itu hingga 29 Februari 2016, langsung dikirim ke sekretariat panitia, Graha PWI Jatim, Jalan Taman Apsari 15-17 Surabaya,” kata Eko Pamuji, Ketua Panitia HPN tahunn 2016.
Pada lomba Piala Prapanca tahun ini, panitia menyediakan hadiah uang masing-masing Rp 10 juta untuk pemenang lomba Karya Tulis, Karya Foto, Karya Jurnalistik Televisi dan Karya Jurnalistik Radio terbaik. Pemenang juga akan mendapatkan Piala Bergilir Prapanca, piala tetap, dan piagam penghargaan.
“Sedangkan para nominatornya, yaitu 3 nominator dari Karya Tulis, 3 nominator Karya Foto, 3 nominator Karya Jurnalistik Televisi dan 3 nominator Karya Jurnalistik Radio, masing-masing akan menerima piagam penghargaan dan uang Rp 2.000.000. Pengumuman dan penerimaan hadiah akan kami laksanakan dilaksanakan pada acara resepsi peringatan Hari Pers Nasional 2016 tingkat Jawa Timur.
Tahun lalu peserta Lomba Prapanca dari seluruh Jawa Timur cukup banyak. Sedangkan tahun ini diharapkan bisa mencapai lebih banyak lagi karena selama tahun 2015 lalu banyak momentum menarik yang bisa ditulis. Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia tidak membatasi tema karya tulis atau foto. Peserta diberi kebebasan mengirimkan karyanya dengan tema apa saja asal masih dalam koridor karya jurnalistik. “Namun, kami membatasi lokasi peristiwa atau kejadiannya ada di wilayah Jatim,” kata Eko Pamuji.
Pada HPN 2016 ini, PWI Jatim akan menggelar sejumlah kegiatan lainnya seperti bakti sosial donor darah, seminar dan pameran karikatur digital, lomba stand up comedy dan pemberian anugerah bagi insan olahraga berprestasi di Jatim. (bud)