Peluang Menjauhi Rival

FOTO AAAA____Gerrad-Pique

Gerrard Pique

BARCELONA-Jadwal La Liga akhir pekan ini akan berlanjut dengan laga super penting pertarungan dua tim teratas di klasemen Liga Spanyol, yang hasilnya akan sangat mempengaruhi posisi keduanya pada akhir musim nanti.

Barcelona kini berada di puncak dengan keunggulan selisih gol atas Atletico Madrid. Keduanya saat ini sama-sama mengantongi 48 poin, namun Barcelona yang unggul produktivitas gol berhak atas posisi puncak klasemen sementara La Liga. Selain itu skuad Luis Enrique itu juga memiliki tabungan satu pertandingan lebih banyak.

Apa yang menakutkan dari Atletico Madrid musim ini adalah kemampuan mereka menjaga gawang mereka untuk kebobolan sesedikit mungkin. Lihat saja, mereka sejauh 21 pertandingan hanya kebobolan 8 gol saja. Bandingkan dengan Barcelona yang dikenalmemilii penyerang, terbukti dengan hanya dua kekalahan sejauh ini, tapi sudah kemasukan 16 gol. Lebih-lebih lagi Real Madrid yang sudah kemasukan 20 gol.

Luis Enrique dan para pemain Barcelona akan membahas dengan teliti cara menembus barisan pertahanan Atletico Madrid seperti yang berhasil mereka lakukan pada lima kesempatan sebelum ini, saat mereka selalu berhasil menang, entah di Camp Nou atau di Vicente Calderon, markas Atletico.

Secara momentum, Barcelona saat ini sedang kuat-kuatnya dengan 22 pertandingan terakhir tidak terkalahkan, membentang sampai sejauh awal Oktober 2015 ketika mereka kalah 2-1 di kandang Sevilla. Mereka selalu menang dalam enam laga terakhir di semua kompetisi. Kesempatan terakhir mereka gagal mencatatkan kemenangan adalah ketika ditahan 0-0 oleh Espanyol pada tanggal 2 Januari lalu.

Namun Barcelona mencapai enam kemenangan berturut-turut sejauh ini, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jika Blaugrana tidak hati-hati maka bisa laga ini bisa mengakhiri catatan enam kemenangan beruntun yang mereka miliki saat ini.

Sementara itu Atletico Madrid agak mengkhawatirkan setelah mencatatkan dua laga terakhir imbang 0-0, masing-masing melawan Celta Vigo dan Sevilla. Pertahanan kuat anak-anak Diego Simeone bukannya tak terkalahkan setelah mereka takluk dari Malaga pada 21 Desember lalu, sebuah rekaman pertandingan yang akan dibuka kembali oleh para staf pelatih di FC Barcelona.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, lima pertemuan terakhir kedua tim, seluruhnya berhasil dimenangkan oleh Barcelona. Kekalahan terakhir tim Catalan dari Atletico terjadi pada April 2014 di ajang leg kedua perempat final Liga Champions ketika gol menit kelima oleh Kiko menyebabkan Barcelona kalah 1-0 dan tersisih.

Jika ditarik mundur sampai 11 pertandingan terakhir sampai dengan AGustus 2013, Barcelona masih sangat dominan dengan lima kemenangan, lima draw dan satu kekalahan melawan Atletico Madrid.

Barcelona akan turun ke laga menghadapi Atletico Madrid ini tanpa top assist mereka, Neymar, yang diragukan bisa bermain akibat cedera. Jordi Alba juga diragukan bisa bermain. Sedangkan Gerrard Pique kemungkinan sudah bisa turun bermain setelah menyelesaikan hukuman skorsingnya. Di kubu Atletico, hanya Fernando Torres dan Tiago yang masih diragukan dan belum ada kabar jelas kapan mereka akan turun bermain.

Siapa pun nanti yang menang akan menjauh dengan tiga poin dari rival di puncak klasemen itu, selain menjaga jarak menjadi 7 poin dari raksasa Liga Spanyol lainnya, Real Madrid.

Hasil laga tersebut hanya menentukan siapa pemuncak klasemen sementara La Liga. Dan bukan menentukan juara La Liga musim ini mengingat masih banyaknya pertandingan yang tersisa. “Ini bukan pertandingan yang akan menentukan pemenang liga. Tapi tentu saja ini pertandingan penting,” tukas eks striker Atletico Paulo Futre.(gbl/zis)