Pagi Hari, Lebih Dianjurkan Pakai Air Dingin

Ilustrasi

Ilustrasi

SURABAYA (Global News)-Banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh. Pada pagi hari dianjurkan mandi dengan menggunakan air dingin. Di pagi hari, Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma pada pria.

Meski sesekali dianjurkan, namun mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perbedaan suhu air dengan hawa dinginnya pagi. Air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air.

Seperti dilansir BBC Health, mandi air dingin memiliki beragam manfaat salah satu membuat sirkulasi darah jadi lebih baik. Kalau mandi air hangat membuat aliran darah bergerak menuju kulit, maka air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Karena itulah, dengan mandi air dingin justru lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Sehingga sirkulasi darah yang baik bisa menghindarkan berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises.

Manfaat lain, adalah membuat kulit jadi lebih bercahaya dan membuat awet muda. Air dingin dapat mengecilkan dan menutup pori-pori sehingga mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat.
Manfaat lainnya, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata.Dengan begitu, mandi air dingin bisa membuat kulit bercahaya, sehat dan awet muda.

Satu hal lagi, mandi air dingin juga dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.

Paling penting, mandi air dingin di pagi hari, setidaknya juga memberi semangat. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari. Penelitian di jurnal Medical Hyptoheses menemukan, mandi dua atau tiga menit dengan air dingin selama dua minggu bisa meningkatkan mood. Hati pun lebih ceria dan bahagia. (zis)