Mobil Ford Bekas di Jakarta Harganya Anjlok

JAKARTA (Global News)-Harga mobil Ford bekas semakin anjlok menyusul langkah Ford untuk keluar dari pasar otomotif Indonesia.
Senior Manager Marketing Pusat Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta, Herjanto Kosasih, menguraikan langkah Ford menghentikan operasi di Indonesia membuat calon pembeli termasuk konsumen mobil bekas akan berpikir ulang untuk membeli Ford karena cemas dengan ketersediaan suku cadang.
“Penjualan mobil bekas Ford nantinya akan babak belur karena orang yang mau beli mobil akan berpikir ulang soal purnajual dan suku cadang di masa mendatang,” kata Herjanto Kosasih di Jakarta, Selasa.
“Tidak didukung Ford secara total membuat ketertarikan orang akan berkurang padahal kami akui mobil-mobil Ford memiliki desain yang bagus-bagus, Ford Fiesta misalnya,” ucapnya.
Herjanto mengatakan harga mobil bekas Ford akan turun 20-30 persen akibat anjloknya kepercayaan calon pembeli terhadap merek asal Amerika Serikat itu.
Mengikuti pantauan Antara News di sejumlah dealer mobil bekas menunjukkan harga jual kembali Ford dari berbagai tipe andalan memang mengalami penurunan.
Amang, pengelola dealer mobil bekas Kembar Jaya Motor di Jalan Sultan Agung, Bekasi, mengatakan harga bekas Ford Fiesta tahun 2012 ke atas sekitar Rp110juta sampai Rp125juta tergantung tipe transmisi dan kondisi.
Harga tersebut lebih murah dari nilai jual tahun 2015 sekitar Rp128-130juta per unit, padahal harga baru Ford Fiesta 2015 mencapai Rp228juta hingga Rp318juta tergantung tipe.
Tidak hanya Ford Fiesta, lanjut Amang, harga Ford Escape tahun 2004 turun menjadi Rp 85juta padahal tahun lalu masih laku di atas Rp110juta.
Ayli dari Bintang Cemerlang Motor yang terletak di depan RS Ananda Bekasi juga mengatakan harga Ford Fiesta turun menjadi Rp120juta karena minimnya peminat dan kerap terlalu lama di showroom.
“Agak jarang jual Ford, seperti Fiesta atau Escape karena bisa terlalu lama di showroom, harganya bisa turun dibandingkan sejenisnya seperti Honda Jazz yang stabil dan banyak dicari orang,” kata Ayli yang sudah mengetahui langkah Ford meninggalkan pasar Indonesia.
Herni dari AutoMob Bekasi mengatakan harga jual Ford Fiesta 2012 ke atas di tempatnya juga turun Rp5juta dari tahun sebelumnya sebesar Rp130juta dan diprediksi akan terus turun mengingat suku cadangnya juga tidak semurah mobil Jepang.
Di sisi lain, Dudi Darmadi, Ketua Umum Ford Ecosport Community (Forescom) menilai harga jual Ford yang semakin murah bisa menguntungkan pembeli yang begitu memahami Ford sebagai mobil Amerika yang nyaman dan canggih.
Harga jual memang dirasakan lebih murah daripada produk Jepang. Namun mobil Ford memiliki kenyamanan dan fitur yang lebih modern,” kata Dudi.(tna)