Februari Direlokasi, Kios Pasar Sedandang Ludes Terbakar

GN/e100

GN/e100

PAMEKASAN (Global News)-Sejumlah kios di Pasar Sedandang Kabupaten Pamekasan, terbakar, Jumat (29/1/2016) sore. Padahal, rencananya, Februari depan, pedagang pasar tersebut bakal direlokasi.

Salah seorang warga kota Pamekasan, Ajeng, menceritakan dirinya mendapat kiriman foto pasar Sedandang terbakar hebat. “Habis semua kayaknya apinya besar gitu,” ujar Ajeng, Jumat sore.
Akbar Yasin, Warga kota Pamekasan lainnya, juga melaporkan terbakarnya pasar yang berdiri di atas lahan milik Kodim Pamekasan. “Kykx pasti ludes smua tuh…soalx yg ada di pasar itu smuax yg di jualan pada umumx bahan” yg mudah terbakar spt baju,” ujar Akbar Yasin, yang mengirimkan foto kepada e100, akun twitter milik Suara Surabaya.
Sementara itu, Radio Karimata Pamekasan melaporkan, satu unit mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi.
Sekadar diketahui, Pemkab Pamekasan berencana merelokasi pedagang di pasar Sedandang pada Februari mendatang. Relokasi tersebut dilakukan karena pembangunan pasar baru eks Stasiun PJKA di Jalan Trunojoyo dan pasar Gurem di Jalan Teja telah rampung.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan, Alwi Bieq mengatakan, hingga sekarang pemerintah melalui dinas terkait masih melakukan sejumlah persiapan, termasuk konsep penataan pasar baru sebelum akhirnya semua pedagang Sedandang direlokasi.
“Untuk itu kita (Pemkab) sudah menyiapkan di Gurem dan eks PJKA. Kedua lokasi itu bangunannya sudah selesai. Dan saya sudah memerintahkan Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) untuk menyiapkan konsep untuk pemindahan itu,” kata Alwi Beiq.
Puluhan pedagang yang berjualan di pasar Sedandang menempati lahan milik Kodim 0826 Pamekasan. Sudah puluhan tahun lamanya lahan itu dijadikan tempat mangkal para pedagang yang datang dari empat kabupaten di Madura untuk mengais rezeki. (mas/zis)