Eks Anggota Gafatar Diberi Rp 500 Ribu per KK

SURABAYA (Global News)-Gubernur Jawa Timur H Soekarwo mengatakan, pemerintah provinsi akan memberikan bantuan kepada eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) tempat penampungan. Termasuk bantuan sebesar Rp 500 ribu per kepala keluarga.

”Pemprov Jatim juga akan memberikan bantuan Rp. 500 ribu per kepala keluarga (KK). Ini untuk pegangan sementara, disini kami juga sediakan tempat untuk berkumpul dengan keluarga,” ujar Soekarwo sat menemui para eks anggota Gafatar di asrama Transito Disnakertransduk Jl Margorejo, Surabaya, Sabtu (23/1/2016)
Kepada para eks anggota Gafatar, pria akrab disapa Pakde Karwo ini mengatakan, pihaknya siap menampung dan mencarikan solusi bagi mantan anggota Gafatar asal Jatim agar dapat kembali ke daerah asal dan diterima oleh lingkungan dan keluarga masing-masing.

Pakde Karwo menjelaskan, untuk sementara, para pengungsi akan diberikan tempat tinggal sementara di Asrama Transito Disnakertransduk, di tempat ini, mereka akan diurus oleh pemerintah, mulai dari makanannya, keamanannya, dan lainnya. Para pengungsi juga didampingi dan diberi siraman rohani oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sebagai informasi, Sabtu dini hari tadi, 2 kloter penerbangan eks anggota Gafatar tiba di Bandara Juanda. Sebanyak 400 orang yang berasal dari Kota Surabaya, Kabupaten Blitar, Gresik, Jombang, Jember, Kediri, Lamongan, Malang, Madiun, Magetan, Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan. 400 orang tersebut terdiri dari 114 perempuan, laki-laki 90 orang, anak-anak 151 orang, 32 bayi, dan 14 personel keamanan. Setibanya di Asrama Transito, mereka langsung diberikan makan pagi dilanjutkan dengan pembekalan rohani, pendataan, dan penempatan dalam barak.bud